OPD Diharapkan Mampu Hadapi Persoalan Secara Bersih

Bupati Saiful Iah, Sekda Kepala BPKAD berdiskusi dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Mukjizat

Sidoarjo, Bhirawa
Dalam pencapaian prioritas pembangunan nasional sinkronisasi dengan kebijakan antar pemerintah daerah sesuai dengan potensi dan kondisi masing-masing. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) telah melaksanakan sosialisasi Permendagri No 38 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD TA 2019. Nantinya para OPD diharapkan mampu hadapi persoalan secara bersih dan tertib administrasi.
Kegiatan tersebut telah dibuka langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH. M.Hum di Pendopo Delta Nugraha, Sabtu(4/8). Hadir dalam acara tersebut, seluruh jajaran Pimpinan OPD Kabupaten Sidoarjo, Camat se Sidoarjo, juga hadir beberapa peserta terkait.
Dalam sambutannya, Bupati Saiful Ilah menyatakan, tantangan dalam menjalankan roda pemerintahan yang bervariatif, OPD diharapkan mampu menghadapinya dengan bekal kemampuan manajerial yang bersih dan tertib administrasi. “Tantangan itu terjadi karena setiap persoalan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Sehingga kita selaku pelaksana jalannya pemerintahan harus mampu menghadapi persoalan sesuai dengan kemampuan manajerial yang bersih dan tertib administrasi,” jelas Saiful Ilah.
Ia juga menyatakan, eksekutif saat ini sedang membahas arah kebijakan pembangunan daerah pada tahun 2019, yang mana pada tahun 2019 nanti menurutnya merupakan tahun yang bernuansa politik.
Tentunya program prioritas Pembangunan Daerah, harus menjadi tujuan utama, untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat Sidoarjo secara utuh. “Dengan terbitnya Permendagri nomor 38 tahun 2018, maka hukumnya wajib bagi kita semua, untuk menjadikan pedoma dalam menentukan arah kebijakan Pembangunan Daerah. Hal ini bertujuan agar sinkronisasi kebijakan pembangunan daerah dapat berjalan selaras dengan pemerintah provinsi maupun pusat,” terangnya.
Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Mukjizat, S.Sos M.Si sebagai pemateri berharap, pembahasan APBD 2019 sudah bisa diketahui arah dan kebijakan pembangunanya. “Apa yang sudah diprogramkan oleh Pemkab Sidoarjo, harus terukur dan bisa berjalan dengan baik,” harap Mukjizat. [adv.ach]

Tags: