Nikmati Jadi WI

Dr H Sukardo MSi

Dr H Sukardo MSi
Menjabat terakhir sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jatim, Dr H Sukardo MSi mengaku kini sudah benar-benar menikmati aktivitasnya sebagai widyaiswara (WI) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim.
Aktivitasnya mengajar juga sangat padat dan mendatangi daerah-daerah yang ada di Jatim. “Saya benar-benar menikmati menjadi WI. Sekarang keliling kemana-mana mengajar. Apalagi nantinya dengan program kemitraan dengan provinsi lain, maka jangkauan mengajar luas lagi,” ujarnya, kemarin Selasa (14/8).
Ia juga mengakui ketika menjadi WI, maka banyak ilmu yang dibagi bersama peserta didiknya yang rata-rata menjabat sebagai kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), diantaranya pengalamanan yang dimilikinya selama ini. Maklum, Sukardo menjabat sebagai kepala OPD atau eselon II sudah begitu lama yaitu 14 tahun.
Diantaranya menapaki jabatan sebagai Kepala Biro Pemerintahan Sekdaprov Jatim, Kepala Biro Organisasi Sekdaprov Jatim, Kepala Satpol PP Jatim, Sekretaris DPRD Jatim, Asisten Administrasi Umum, hingga Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim.
“Saya awali karir dulu mulai dari tahun 1980, golongan II/a. Saya kerjakan semuanya seperti air mengalir dan diiringi dengan doa. alhamdulillah selama ini, sudah diberikan jalan oleh Allah, berupa kemudahan dan sampai sekarang masih diberikan kesehatan dan terus beraktivitas,” ujar yang kini menjabat sebagai Ketua Tim Kelompok III di WI.
Kini dirinya masih akan terus akan mengajar untuk bisa menaikkan jenjang jabatan fungsionalnya sebagai Widyaiswara Utama, golongan ruang IV/e. “Saat ini kepangkatan saya masih VI/d dimulai sejak 2013 lalu. Sekarang, kekurangannya tidak begitu banyak, namun harus segera dipenuhi agar tahun depan bisa mencapai pangkat IV/e,” ujarnya.
Dikatakannya, bagi pejabat OPD yang purnatugas dan memiliki kemampuan mengamalkan ilmunya bisa menjadi WI dan sharing untuk meningkatkan pembangunan dibidang pemerintahan, kemasyarakatan, sosial dan lainnya, baik itu di Jatim maupun di luar provinsi lainnya.
“Kalau kita meninggalkan dunia ini, maka yang akan ditinggalkan itu adalah anak sholeh yang selalu mendoakan ortunya, sedekah jariyah, dan ilmu yang bermanfaat. Sebagai WI, kita sudah mengamalkan ilmu yang bermanfaat ini,” ujarnya memiliki hobby Golf.
Sekedar diketahui, saat ini Sukardo masih dipercaya Gubernur Jatim Pakde Karwo untuk akitf sebagai pejabat fungsional widyaiswara utama yang dimulai dari tahun 2017 hingga tahun 2023. Pensiunnya baru pada tahun 2023 tepat berusia 65 tahun. [rac]

Rate this article!
Nikmati Jadi WI,5 / 5 ( 1votes )
Tags: