Kuis Kihajar Tingkat Jatim Resmi Dibuka

Kuis Kihajar Tingkat Provinsi Jawa Timur 2018 resmi dibuka oleh Wali Kota Kediri di Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri, Rabu (15/8).

Kota Kediri, Bhirawa
Kota Kediri terpilih menjadi tuan rumah dalam Kuis Kihajar 2018 yang merupakan penyelenggaraan kuis ke-12. Serangkaian soal telah disiapkan dan disajikan sesuai dengan jenjang sekolah dan bagi peserta terbaik akan diundang ke Jakarta dan ikut Kuis Kihajar tingkat nasional 2018.
Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan dengan adanya kuis Kihajar para siswa harus belajar agar competitiveness ini meningkat dan anak-anak jaman sekarang juga peka terhadap informasi yang sedang beredar.
“Kuis Kihajar ini bagus untuk meningkatkan competitiveness bagi siswa-siswi yang duduk dibangku SD, SMP, SMA sederajat. Dan tentu saya terus mendorong dan menjadi semangat baru untuk pemangku kebijakan pendidikan Kota Kediri khususnya agar kita terus berinovasi membuat anak-anak rajin dan gemar belajar terus,” kata Walikota Kediri.
Orang nomor satu di Kota Kediri ini berpesan agar siswa-siswi sekolah harus terus belajar, belajar apapun itu tidak hanya mata pelajaran yang ada disekolah agar tidak ketinggalan informasi yang sedang beredar.
“Adik-adik juga tidak boleh menyerah, bila gagal tetap terus bangkit dan terus berjuang menggapai cita-cita. Semoga adik-adik yang mengikuti kuis ini menjadi anak hebat Indonesia dan bisa membawa nama baik Indonesia,” ujar Mas Abu.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Pustekkom Kemendikbud Gogot Suharwoto menuturkan bahwa kuis Kihajar ini untuk mempersiapkan anak-anak agar bisa berpikir kritis (kritikal thinking) dan dapat menyelesaikan masalah (problem solving) agar ketika dewasa sudah siap menghadapi tantangan.
Kuis Kihajar Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh 261 siswa yaitu 87 siswa jenjang SD/MI, 87 siswa jenjang SMP/MTs, dan 87 siswa jenjang SMA/MA/SMK. Pada hari pertama, para peserta mengerjakan soal secara online kemudian dipilih 3 nilai terbaik pada masing-masing jenjang untuk maju ke tahap berikutnya.
Perlu diketahui, dalam acara ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis kepada siswa SMA untuk subsidi biaya SPP 75 ribu bagi warga Kota Kediri, dan bantuan pendidikan untuk siswa siswi SD dan SMP berupa seragam gratis meliputi seragam nasional, seragam pramuka dan ongkos jahit. [van]

Tags: