Kemendagri Sinyal Pelantikan Bupati Jombang Bulan September

Plt Bupati Jombang sekaligus Bupati Jombang terpilih hasil Pilbup Jombang 2018, Hj Mundjidah Wahab. [Arif Yulianto/ Bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Hampir dipastikan pihak Kemendagri menyetujui pelantikan Bupati-wakil Bupati Jombang yang baru pada tanggal 24 September mendatang. Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, Rabu (01/08) mengakui sudah ada koordinasi dengan pihak Kemendagri terkait pelantikan kepala daerah kabupaten Jombang.
Sebagai catatan . Mundjidah Wahab sendiri merupakan Bupati Jombang terpilih hasil Pemilihan Bupati (Pilbup) Jombang beberapa waktu lalu. Sementara Wakil Bupati Jombang yang baru adalah Sumambrah yang juga mantan anggota DPRD Jatim.
“Kalau jawaban tertulis (dari Kemendagri) belum, tapi sudah diinformasikan, bahwa Insya Allah pasti bisa laksanakan pelantikan. Tanggal 23 (September) kita habis (masa jabatan), langsung 24 September (pelantikan). Karena kebetulan juga tidak hari Minggu,” ujar Mundjidah Wahab saat ditanya terkait perkembangan usulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.
Menurutnya, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menerima informasi tersebut berdasarkan informasi dari Kepala Bagian (Kabag) TU, Dirjen Otoda, Kemendagri.
Jika hal itu positif terwujud, lanjut Mundjidah, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Jombang terpilih tidak harus menunggu pelantikan gelombang kedua kepala daerah hasil Pilkada serentak yang dijadwalkan pada Bulan Desember 2018.
“Kalau memang bisa (24 September), ya ‘ndak’ harus nunggu (gelombang kedua), nanti ini kan kita dikawal juga sama dewan. Komisi A juga akan mengawal ke sana,” tandasnya.
Sekadar diketahui, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko-Hj Mundjidah Wahab akan berakhir pada tanggal 23 September 2018 nanti.
Pada perkembangannya, di Pemilihan Bupati (Pilbup) Jombang 27 Juni 2018, Mundjidah Wahab yang maju berpasangan dengan Sumrambah memperoleh suara terbanyak dan telah ditetapkan sebagai Pasangan Calon (Paslon) terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang pada Kamis (26/07) kemarin.
Sementara Nyono Suharli Wihandoko yang berpasangan dengan Subaidi Muhctar berada pada urutan kedua perolehan suara. Di susul kemudian di urutan ketiga Syafiin yang berpasangan dengan Choirul Anam.(rif)

Tags: