GOW Situbondo Gelar Lomba Olahraga Tradisional

Para personel GOW Situbondo saat mengikuti lomba olahraga gobak sodor di alun alun Kota, Sabtu (4/8). [sawawi]

Meriahkan HUT RI ke-73 dan Harjakasi ke-200
Situbondo, Bhirawa
Seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Situbondo bersama Forkopimda Situbondo ikut meramaikan aneka lomba olahraga tradisional yang digagas Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Situbondo, dialun alun Sabtu (4/8). Acara ini diadakan dalam rangka untuk memeriahkan puncak HUT RI ke-73 dan Harjakasi (hari jadi kabupaten Situbondo) ke-200. Sejumlah kegiatan olahraga tua yang dilombakan diantaranya gobak sodor, bolatik dan bakiak.
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengatakan, lomba olahraga tradisional diadakan untuk menumbuhkan semangat berolahraga seperti digagas GOW Situbondo. Diharapkan, kata Bupati Dadang, kedepan mampu menggelorakan olahraga gobak sodor, bakiak dan bolatik yang belakangan nyaris punah. “Semoga pertandingan olahraga tradisional ini mampu mempererat hubungan silaturrahim antara peserta. Selain itu sarana lomba ini dapat membangkitkan kembali olahraga tradisional gobak sodor dan sejenisnya,” tandas Bupati Dadang.
Lomba olahraga tradisional ini, kata Bupati dua periode itu, harus dilestarikan karena olahraga tradisional gobak sodor mampu mempererat nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa serta mempererat nilai persaudaraan. Apalagi, tambahnya, olahraga tradisional ini sudah dikenal sejak jaman nenek moyang dahulu kala harus terus dilestarikan seluruh pewaris generasi muda saat ini.
“Saya ucapkan terima kasih kepada Ketua GOW Situbondo yang telah menyelenggarakan lomba gobak sodor ini,” pungkas mantan advokat itu.
Sementara itu, Ketua GOW Sri Susilowati mengatakan, kegiatan lomba gobak sodor, bakiak dan bolatik selain untuk memeriahkan HUT RI ke 73 dan Harjakasi ke 200 juga untuk menumbuhkembangkan kembali olahraga tradisional gobak sodor di berbagai kalangan di Kota Santri. “Alhamdulillah lomba olahraga ini disambut antusias masyarakat dan kalangan birokrasi. Terbukti animo pengunjung saat menyaksikan olahraga gobak sodor sangat luar biasa. Saya berjanji lomba gobak sodor ini akan rutin diadakan setiap ada event di Situbondo,” aku isteri Wabup Yoyok Mulyadi itu. [awi]

Tags: