Empat Jama’ah Haji Jember Meninggal Dunia

Jember, Bhirawa
Maniti, warga Kec.Gumukmas Jama’ah Haji Kabupaten Jember dinyatakan meninggal dunia, setelah sempat dirawat di RS Arab Saudi karena sakit. Berita duka ini diterima Kemenag Jember, Rabu (29/8/2018) sekitar pukul 06.20 WIB. Dengan meninggalnya Maniti, menambah daftar jama’ah haji Jember menjadi 4 orang yang meninggal dunia saat menjalankan rukun Islam yang ke 5 di Arab Saudi.
Kepala Kemenag Jember Abdul Rohim mengatakan meninggalnya para jama’ah ini disebabkan karena sakit. Ke empat Jama’ah tersebut yakni, Sanusi bin Mustofa (78) asal Desa Padomasan Kecamatan Jombang, Qomariyah (64) asal Kecamatan Semboro, Sarun bin Karim (52) Desa Garahan Kecamatan Silo dan Maniti jamaah asal Purwoasri Gumukmas.
“Sanusi dan Qomariyah berasal dari jamaah di kloter 6 yang diisi sebanyak 443 orang dan Sarun bin Karim berasal dari kloter 8 dengan jumlah jamaah sebanyak 444 orang. Serta Miniti tergabung dalam kloter 7 dengan jumlah jama’ah sebanyak 443 orang,” katanya.
Abdul Rohim juga menjelaskan, dari 1984 CJH Kab. Jember, kini tinggal 1979 jama’ah haji. Selain 4 orang meninggal di Arab Saudi, Satu orang lagi gagal diberangkatkan karena sakit yang dideritanya atas nama Sri Sudayati warga Jl. Ahmad Yani Jember.
” Sri Sudayati sempat dirawat di RS Sukolilo Surabaya, dan berdasarkan pernyatan dokter, Sri Sudayati untuk ditunda pemberangkatannha dan akan diberangkatkan tahun berikutnya,” ujarnya.
Para jama’ah haji asal Jember yang tergabung dalam kloter 5,6,7,8,9,10,28 dan 44 ini, rencanya akan dipulang ke tanah air dalam empat gelombang.” Gelombang pertama rencananya akan terbang dari Jedah 29-30 Agustus 2018 dan gelombang ke dua tanggal 5 dan 11 September 2018,” pungkas Abdul Rohim kemarin.(efi)

Tags: