Dua Komisi DPRD Kab Gresik Studi Banding Pemkab Sumenep

Studi banding Komisi I dan II DPRD Gresik di Pemkab Sumenep.

Gresik, Bhirawa
Belum kelarnya pembahasan KUAPPAS 2019, membuat komisi harus melakukan studi banding. Kali ini yang menjadi tujuan Pemkab Sumenep karena sudah selesai pembahasan. Ternyata banyak hal yang didapat, seperti aset BUMD dan potensi wisata.
Menurut Wakil Ketua Komisi I DPRD Gresik, Mujid Ridwan SH, anggota komisi memilih di Pemkab Sumenep ternyata banyak poin yang didapat, diantaranya perkembangan BUMD. Asetnya bisa mencapai Rp750 miliar, perkembangan ini sangat baik bila dibandingkan dengan Kab Gresik. Sebab BUMD yang didirikan sudah gulung tikar yaitu Gresik Samudra dan kabarnya sebentar lagi Gresik Migas.
Sedang deviden 2018 mencapai Rp95 miliar, angka cukup fantastik dan memang Pemkab serius bekerja. Hasil ini, tidak lepas atas kekompakan antara unsur pimpinan dan anggotanya. Sehingga dari beberapa target Pendapatan Asli Darah (PAD) yang menjadi kesepakatan bersama terlampaui bahkan melebihi target.
”Kami berharap ini nanti bisa diadopsi di Gresik, sehingga pembahasan KUPPAAS 2019. Yang sekarang sedang berjalan bisa tepat jadwal, untuk itu harus terjalin hubungan baik antara pemerintah dan DPRD seperti Pemkab Sumenep,” ujarnya.
Ditambahkan Mujid Ridwan yang juga politisi senior dari PDIP, sekarang di Pemkab Sumenep sedang giat menggarap potensi unggulan wisata. Pada desa yang mempunyai destinasi wisata dibina, juga dibantu anggaran untuk pembangunan dan perkembanganya. Setelah setahun bisa berkembang baik, baru dilakukan penarikan retribusi yang menjadi PAD. Ini nanti bisa diadopsi di Gresik, sehingga PAD yang di dapat tidak monoton.
Sementara Ketua Komisi II DPRD Gresik, Sholahuddin SH mengatakan, potensi wisata di Kab Sumenep. Sekarang tengah gencar dilakukan dan sudah terlihat hasilnya. Peran pembinaan Pemkab menjadi modal andalan untuk tumbuh kembangnya, dan Gresik sudah waktunya untuk melakukannya. Sebab menjanjikan PAD yang cukup, selain itu. Masyarakat Kab Gresik, juga tidak usah jauh-jauh keluar kota untuk menikmati destinasi wisata. [kim.adv]

Tags: