DPC PDIP Bantah Anugrah Ariyadi ‘Lompat Pagar’

Anugrah Ariyadi

Surabaya, Bhirawa
Polemik kepindahan anggota Komisi B DPRD Surabaya Anugrah Ariyadi ke PKB dalam Pileg 2019 dibantah Ketua DPC PDIP Surabaya Wisnu Shakti Buana. Pria yang juga Wakil Wali Kota Surabaya ini menegaskan Anugrah masih kader PDIP dan anggota Fraksi PDIP karena belum ada pernyataan pengunduran diri baik secara lisan maupun resmi tertulis dari yang bersangkutan.
Whisnu Sakti Buana dengan tegas mengatakan bahwa status Anugrah Ariyadi masih kader PDIP sekaligus anggota Fraksi PDIP DPRD Surabaya.
Tidak hanya itu, dia juga menyampaikan bahwa pernyataan Musyafak Rouf di sejumlah media terkait status Anugrah Aryadi menjadi urusan internal PKB, bukan menjadi ranah PDIP.
“Sejauh ini saya tidak tahu, dan kepada saya Pak Anugrah mengaku tidak pernah pegang KTA PKB,” tegasnya dikonfirmasi, Senin (6/8).
Ditanya apakah partai akan membahas isu soal kepindahan partai Anugrah Ariyadi ke PKB? WS-sapaan akrab Whisnu Sakti Buana, menjawab normatif. “Ini nanti kita lihat sejauh mana kesalahannya, jangan terburu-buru divonis, kalau hanya niat saja asal tidak menjalani ya nggak apa-apa, di agamapun juga tidak disalahkan kok, lha wong cuma niat,” jawabnya.
Yang pasti, lanjut WS, surat pengunduran diri Anugrah tidak pernah masuk ke dirinya maupun cabang. Bahkan menurut WS, Anugrah sudah bersumpah tidak pernah pegang KTA PKB, dan PDIP tidak ada urusan dengan PKB, karena saya tidak pernah melakukan pembicaraan dengan Musyafak.
“Jika sesuai aturan, yang ditugaskan untuk menggelar rapat internal adalah wakil bidang kehormatan dibantu yang lain,” pungkasnya.
Seperti diberitakan Senin kemarin, DPC PKB Surabaya mendesak agar anggota Komisi B DPRD Surabaya Anugrah Ariyadi yang dikabarkan mendaftar sebagai caleg partai berbasis NU tersebut agar segera di-PAW (Pergantian Antar Waktu) oleh partai lamanya PDIP.
Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Rouf menyebut proses PAW untuk menegaskan poisi Anugrah Ariyadi serta kedua partai dalam kontestasi Pileg 2019 mendatang.
“Anugrah harus di-PAW, kalau tidak, ada apa dengan Anugrah dan PDIP,” ujar Musyafak Rouf.
Menurutnya, pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya harus mengambil sikap tegas. Sebab, keberadaan Anugrah saat ini sudah menjadi kader PKB. Sesuai dengan aturan yang berlaku, anggota DPRD diberhentikan antar waktu bila menjadi anggota partai politik lain.
Sebelumnya, Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Surabaya Masduki Toha menegaskan masalah kepindahan Anugrah Ariyadi ke PKB sejatinya bukan urusan PKB, melainkan internal PDIP. Namun Masduki kembali menegaskan, pihaknya memang telah menerbitkan KTA PKB atas nama Anugrah Ariyadi sekaligus mendaftarkannya sebagai bacaleg di Dapil 1.
“Ya silakan saja mau berkilah, sebenarnya itu urusan internal PDIP. Nanti kalau nanti Anugrah menang di Dapil 1 kan posisinya sebagai anggota Fraksi PKB bukan lagi kader PDIP,” terangnya. [gat]

Tags: