Dorong Sikap Empati melalui Semarak 17 Agustus Tematik

Empat karakter atlet Nasional Indonesia, Ernando (kiri), Lalu Zohri, Bagus dan Supriadi saat menggalang dana untuk korban bencana alam Lombok pada semarak 17 Agustus di halaman sekolah, kemarin (14/8).

Surabaya, Bhirawa
Tingkatkan sikap empati siswa, SD Muhammadiyah 6 Gadung, Surabaya galang dana korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bertepatan pada kegiatan semarak 17 Agustus. Penggalangan dana yang dilakukan kemarin (14/8) sejak pagi, disambut antusiasme dari warga sekolah. Kepala Urusan (Kaur) Kesiswaan, Puspita Wati mengungkapkan sebanyak 471 siswa mengikuti penggalangan dana untuk membantu dan meringankan beban saudara mereka di Lombok.
“Ada moment 17 Agustus disekolah kami, kemudia kami berinisiatif untuk melakukan penggalangan dana sekaligus. Ini juga selain menanamkan sikap nasionalisme pada diri anak-anak juga menumbuhkan sikap empati untuk saudara kami di Lombok,” ungkap Kepala Urusan (Kaur) Kesiswaan, Puspita Wati.
Dalam kegiatan penggalangan dana ini, yang memicu daya ketertarikan siswa adalah penggunaan topeng para atlet Indonesia yang berlaga pada Asian Games 2018. Misalnya, pesepakbola Nasional dibawah 16 tahun Bagus Kahfi, Supriadi dan Ernando. Sementara dari cabang olahraga (cabor) atletik ada Mohammad Lalu Zohri.
“Ikon-ikon ini kami gunakan, agar mereka antusias dalam melakukan donasi ke saudara-saudara mereka. Lebih lagi, ikon Zohri dari cabor atletik berasal dari Lombok. Ini yang akan kita motivasikan kepada para atlet terbaik bangsa,” ujar dia.
Salah satu siswa yang tergabung dalam student care SD Muhammadiyah 6 Surabaya, Aqila Fergiana Azra mengatakan jika anggota anggota gabungan dari polisi sekolah dan student care melakukan pengumpulan donasi untuk para siswa. Donasi yang terkumpul sejak pagi, terhitung sekitar Rp. 2 juta rupiah yang berasal dari siswa dan guru.
“Sebenarnya sih, aku pribadi ingin bantu kesana. Tapi nggak apa-apa kalau belum bisa kesana. Saya donasi uang sama makanan ringan saja,” kata siswi kelas 6 ini. [ina]