Demi NKRI Warga Desa Keper Sidoarjo Kibarkan Bendera 350 Meter

Bendara raksasa merah putih yang telah dibentangkan di sepanjang Jl Keper RW 1. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Demi keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) puluhan warga Desa Keper, Kec Krembung, Kab Sidoarjo, rela mengibarkan Bendera Merah Putih raksasa sepanjang 350 meter dengan lebar 3 meter.
Bendera raksasa yang dikerjakan sekitar lima hari dengan menghabiskan biaya sekitar Rp6,5 juta itu akan dikibarkan di sepanjang jalan desa di kawasan wilayah RW 1 hingga akhir Agustus ini, dengan tujuan untuk menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.
Tokoh Pemuda Desa RW 1, Moh Wahyu Prasetyo mengatakan, pengibaran bendera raksasa Merah Putih ini dikibarkan masyarakat sepanjang RW 1, dan proses pengibarannya dilakukan para pemuda, bapak-bapak hingga ibu-ibu dalam kegiatan bakti sosial menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 73.
“Bendera raksasa ini dipasang di atas jalan, dijadikan atap jalan. Pemasangannya membutuhkan waktu selama lima hari, karena harus menunggu kondisi jalan sepi dari pengendara yang melintas di sepanjang jalan itu,” katanya.
Menurutnya, proses pembuatan atau menjahit bendera raksasa merah putih ini memakan waktu tiga hingga empat hari, lantaran ukurannya yang memanjang. Sedangkan dana yang di keluarkan masyarakat untuk membeli kain merah putih ini menghabiskan dana sebesar Rp6,5 juta semuanya dari swadaya masyarakat,” jelas Wahyu Prasetyo.
“Tujuan yang lebih penting untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat selalu memeriahkan Kemerdekaan RI. Selain itu, masyarakat harus selalu mempunyai rasa nasionalisme terhadap Negara Indonesia, warga juga membuat berbagai tulisan Keper RW1 untuk Indonesia, NKRI harga mati yang terbuat dari sampah di pinggir sepanjang jalan desa setempat,” pungkasnya. [ach]

Tags: