Daging Qurban di Sidoarjo Dinyatakan Aman dari Penyakit Hewan

Sejumlah sapi yang akan disembelih di Masjid Desa Sawotratap saat peringatan Idul Adha kemarin. [alikus/bhiarawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (P2) Kab Sidoarjo, Ir Handayani MM, menegaskan kondisi daging hewan qurban yang dipotong pada Hari Raya Idul Adha, Rabu (22/8) kemarin, kondisinya aman. Ini karena hewan qurban yang disembelih, kondisinya cukup baik dan sehat.
”Karena sebelumnya Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo telah melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan qurban yang dijual di wilayah Sidoarjo,” jelas Handayani, saat dihubungi Rabu (22/8) kemarin.
Menurut Handayani, Petugas dari DP2 Kab Sidoarjo sebelumnya melakukan Sidak ke sejumlah pedagang hewan ternak qurban yang tersebar di seluruh wilayah Sidoarjo menjelang Idul Adha 1439 H. Para pedagang ternak Qurban di Sidoarjo sudah mulai menjual ternaknya pada awal Bulan Agustus. Setiap kecamatan ada sekitar 10 pedagang yang menjual kambing maupun sapi.
Dari hasil pemeriksaan saat itu, rata-rata kondisi hewan qurban dalam kondisi sehat semua dan tidak ditemukannya penyakit hewan yang membahayakan. DP2 Kab Sidoarjo tidak sendiri tapi bersama dengan Dinas Peternakan Provinsi Jatim saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang dijual di sejumlah kecamatan.
Dalam pemeriksaan pada hewan qurban itu, DP2 Sidoarjo melibatkan dokter hewan dan beberapa petugas yang berada di setiap kecamatan. [kus]

Tags: