CJH Kabupaten Tulungagung Jadi Contoh Calon Jemaah Haji Dunia

Jarianto memberangkatkan CJH Tulungagung ke Asrama Haji Surabaya di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (1/8) malam.

Tulungagung, Bhirawa
Seluruh calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Tulungagung diharapkan menjadi contoh yang baik bagi seluruh CJH yang menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Ketertiban mereka dalam beribadah akan menjadi contoh yang baik bagi jamaah haji yang datang dari seluruh dunia.
Demikian dikatakan Pj Bupati Tulunaggung, Dr Jarianto MSi, seusai memberangkatkan CJH Tulungagung ke Asrama Haji Surabaya di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Rabu (1/8) malam. “Mudah-mudahan. Dengan ketertiban jamaah haji Tulungagung di tanah suci akan menjadi contoh jamaah lainnya di seluruh dunia,” ujarnya.
Selain itu, Jarianto berharap pula semua CJH Tulungagung semua dapat pulang dengan predikat haji mabrur. “Dengan haji mabrur dapat juga memberi ketenangan bagi masyarakat Tulungagung pada umumnya,” tuturnya.
CJH Tulungagung yang berangkat Rabu (1/8) malam adalah mereka yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 49 dan kloter 50. Semuanya menggunakan kendaraan bus menuju Asrama Haji di Surabaya.
Jarianto menyebut CJH Tulungagung yang berangkat menuju Mekkah seluruhnya mencapai 1.086 CJH. “Hari ini (kemarin) setengahnya yang berangkat ke Asrama Haji Surabaya. Atau sebanyak 543 CHJ. Sedang selebihnya (kloter 51) berangkat besok (Kamis, 2/8) malam,” paparnya.
Diberitakan sebelumnya, pada tahun ini ada 269 ASN tercatat sebagai CJH asal Tulungagung. Jarianto memastikan para CJH dari kalangan ASN telah mengajukan cuti sebelum menunaikan ibadah haji. “Pastilah mereka mengajukan cuti sebelum menunaikan ibadah haji,” ucapnya.
Sejumlah pejabat Tulungagung dan kepala OPD lingkup Pemkab Tulungagung pun tercatat menunaikan ibadah haji tahun ini. Di antaranya Sekretaris DPRD Tulungagung, Drs Budi Fatahillah Mansyur MSi, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Tulungagung, Ir Usmalik, dan Camat Gondang, Triwantoro. Selain juga Ketua DPRD Tulungagung, Supriyono SE MSi, yang menjadi TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).
Jarianto mengungkapkan dari 269 ASN yang menunaikan ibadah haji, tidak hanya dari sekretariat atau badan di lingkup Pemkab Tulungagung. Tetapi juga dari kalangan guru-guru. “Mereka juga banyak yang menunaikan ibadah haji,” bebernya. (wed)

Tags: