Bupati Sidoarjo dan Wakil Serahkan Hewan Qurban Satu Ton

Bupati Saiful Ilah dan Wakilnya Nur Ahmad Syaifuddin menyerahkan hewan Qurban. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Usai menjalankan Salat Idul Adha 1439 Hijriyah di Masjid Agung Sidoarjo, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo kompak sama-sama menyerahkan hewan qurban. Kedua pimpinan Sidoarjo ini, sama-sama menyerahkan qurban sapi dengan berat hampir satu ton (1.000 kilogram).
Bupati Saiful Ilah menyerahkan sapi qurban dengan berat 975 kilogram kepada Ketua Takmir Masjid Agung, Nadhim Amir. Sedangkan Nur Ahmad Syaifuddin menyerahkah sapi qurbannya seberat 900 kilogram kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo, Achmad Rofi’i.
Dalam penyerahan hewan qurban ini, disaksikan Forkopimda dan ratusan warga yang menjalankan salat Idul Adha di Masjid Agung Sidoarjo. ”Penyerahan hewan qurban ini, hampir dilaksanakan setiap tahun. Kemudian dagingnya dibagikan kepada warga yang kurang mampu,” terang Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, Rabu (22/08 ).
Ia menguraikan jika sapi seberat 975 kilogram itu merupakan sapi jenis Brahma. Hal ini berbeda dengan Idul Adha Tahun 2017 lalu. Saat itu Saiful Ilah memberikan hewan qurban jenis Limosin dengan berat 800 kilogram. ”Saya berharap bisa berbagi dengan warga Sidoarjo. Dengan catatan bisa terus menaikkan bobot berat hewan yang diqurbankan. Ini semata-mata untuk berbagi dengan warga Sidoarjo,” ujarnya.
Hal yang sama disampaikan Wabup Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin yang menyerahkan sapi qurban seberat 900 kilogram jenis Brahma. Kondisi sapi ini lebih berat dibandingkan tahun sebelumnya. Yakni jenis sapi Limosin seberat 600 kilogram. ”Qurban ini bukan semata-mata tuntunan keagamaan. Tetapi juga menunjukkan rasa syukur atas nikmat Allah serta menjaga solidaritas antar umat (warga) Sidoarjo,” ungkapnya.
Sebelum penyerahan, kedua pimpinan Sidoarjo ini salat Idul Adha di Masjid Agung bersama ribuan warga. Bahkan karena terlalu banyaknya jamaah salat itu hingga tak memenuhi ruang masjid berlantai dua itu. Akibatnya sebagian jamaah salat di Jl Raya Alun-Alun Sidoarjo, hingga parkiran hingga Alun-alun Sidoarjo. [ach]

Tags: