Barisan Veteran Kota Mojokerto Serukan Tolak Korupsi

Perhelatan HUT LVRI yang digelar Dinsos Kota Mojokerto diisi dengan dialog dengan para veteran. [kariyadi/bhirawa]

Kota Mojokerto, Bhirawa
Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Mojokerto menyerukan penolakan terhadap tindak pidana korupsi yang merajalela di Indonesia. Selain menodai kemerdekaan, korupsi membuat Negara rugi dan tidak meratanya pembangunan di seluruh wilayah negara. Sikap penolakan koruspi ini dilontarkan barisan LVRI saat menggelar resepsi peringatan HUT LVRI di Sunrise Maal, Kota Mojokerto, Selasa (14/8).
”Kami menolak dan tidak setuju terhadap korupsi karena banyak merugikan negara. Seharusnya generasi sekarang bisa mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif,” ujar Budi Laksana, Ketua LVRI Kota Mojokerto ditemui usai acara.
Hal positif yang diharapkan LVRI agar dilakukan generasi sekarang diantaranya menjaga persatuan, mencintai NKRI serta mengisi kemerdekaan dengan hal positif sesuai bidang kerja masing-masing. ”Kalau kita memilih tindakan apa yang paling kita tolak sekarang di negeri ini. Ya korupsi itu yang sangat merugikan orang banyak,” tambah Budi Laksana.
Dalam kesempatan itu, Budi Laksana juga memberi apresiasi terhadap cara Pemkot Mojokerto dalam memperlakukan para vetetan. ”Ya. Pemkot memberi apresiasi positif terhadap kita. Diantaranya banyak fasilitas umum yang dibangun berorientasi kepada para Lansia,” tandas Budi.
Helatan resepsi dan ramah tamah HUT Veteran itu digelar Dinas Sosial Kota Mojokerto. Dalam acara itu juga digelar diskusi dengan para veteran serta pemberian cindera mata kepada para veteran.
”Kegiatan itu sebagai bentuk perhatian kita Pemkot Mojokerto kepada para veteran. Ini juga bentuk penghargaan kita terhadap perjuangan mereka kepada negara ini,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Mojokerto, Sri Mudjiwati dihubungi secara terpisah.
Mudjiwati memambahkan, perhatian kepada para Veteran perlu dilakukan karena mereka telah ikut mempertahankan negara demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Secara Nasional, HUT Legiun Veteran RI ke 61 tahun diperingati secara sederhana dengan tema Veteran Bersama Pemerintah dan Masyarakat Bertekad Melestarikan Jiwa, Semangat juang dan Nilai-niai 1945.
”Seperti yang kita lakukan ini, mesti seserhana tapi bermakna, dan para veteran semua kami libatkan,” tambah Mudjiwati.
Menurut Sri Mudjiwati, perjuangan tak mengenal usia yang dimiliki LVRI hendaknya dapat dipakai sebagai pelopor bagi generasi penerus dalam mencapai tujuan bangsa yaitu kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan, dan tetap memiliki semangat kebangsaan dengan mengedepankan nilai juang guna mengawal Negara KRI.
”Harapan kita semua bahwa generasi muda sekarang mewarisi semangat positif para veteran. Dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal positif,” pungkas Sri Mudjiwati. [kar]

Tags: