TMMD Ke-102 Lakukan Normalisasi Waduk Desa Ngampel Gresik

Kegiatan TMMD Normalisasi Waduk.

Gresik, Bhirawa
Dalam kegiatan TMMD di hari ke 3, melakukan normalisasi waduk di Desa Ngampel Kec. Balongpanggang Kab. Gresik. Sebab
waduk merupakan salah satu contoh perairan tawar buatan, bertujuan sebagai pencegah banjir, pembangkit tenaga listrik, pensuplai air bagi kebutuhan irigasi pertanian.
Menurut Dandim 0817/Gresik Letkol Kav Widodo Pujianto, SH mengatakan, bahwa sasaran utama pembangunan fisik TMMD 102 Kodim 0817/Gresik Tahun 2018 adalah Normalisasi Waduk. Rehabilitasi pintu air waduk serta peningkatan jaringan Irigasi waduk, dan jalan usaha tani Desa Ngampel Kecamatan Balongpanggang. Letak waduk sangat strategis, dekat dengan lahan pertanian dan pusat kehidupan Desa Ngampel itu sendiri.
“Normalisasi, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi Waduk. Selama ini pemanfaatan waduk yang kurang maksimal, karena mengalami pendangkalan terutama terhadap sektor pertanian. Kodim 0817/Gresik selaku satuan kewilayahan menampung aspirasi tersebut, dan kita tindak lanjuti untuk diajukan ke Pemerintahan Kabupaten Gresik. Alhamduliillah Pemda menindaklanjutinya, dan mengapresiasi sehingga perbaikan waduk ini masuk dalam sasaran pokok TMMD Ke-102.”ujarnya.
Luas waduk sekitar 142 Ha, kawasan pertanian sementara 70 Ha. Tidak terairi terutama untuk Irigasi pertanian, karena pintu air mengalami pendangkalan. Perbaikan waduk ini, diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Serta mendukung program pemerintahan, tentang swasembada pangan serta selesai sesuai waktu atau target yang telah ditentukan.
Sementara Kepala Desa Ngampel Abdul Rochim mengatakan, bahwa banyak terima kasih kepada Kodim 0817/Gresik bersama Satgas gabungan TMMD Ke-102. Yang telah menampung aspirasi masyarakat Desa Ngampel, sehingga kesulitan tentang masalah irigasi persawahan yang berasal dari Waduk ini bisa dimasukkan dalam Program TMMD.
“Waduk ini membutuhkan volume debit air yang lebih banyak, dari Desa mengajukan keluhan masyarakat untuk pendalaman waduk seluas 3,5 Ha. Pembangunan pintu air waduk untuk mengairi area sawah, bisa terairi semua dan manfaatnya penyimpanan air sangat dibutuhkan masyarakat, “ungkapnya.
Ditambahakan Rochim, dengan adanya kegiatan TMMD oleh TNI. Bisa menumbuhkan partisipasi dan gotong-royong kebersamaan masyarakat. Normalisasi waduk sangat di butuhkan oleh masyarakat, sebab bisa memajukan desa dan menumbuhkan perekonomian. [kim]

Tags: