Tarik Wisatawan ke Kabupaten Tuban, PBB Lepas Benih Ikan

Pegayuban Pedagang Bektiharjo (PPB) saat melepas benih ikan mas di sendang Bektiharjo Kecamatan Semanding Tuban.

Tuban, Bhirawa
Paguyuban Pedagang Wisata Pemandian Bektiharjo (PBB), menggelar tasyakuran dengan cara melepaskan ratusan benih ikan mas, di sendang pemandian dengan tujuan untuk menjaga ekosisitem sumber air dan agar ke depan menjadi tambahan pemandangan baru di tempat wisata yang dikelola pemerintah kabupaten Tuban ini.
Tasyakuran yang diharapkan bisa menjadi tradisi dan dilakukan setiap tahunnya ini di dahului dengan menggelar doa bersama di depan halaman dan mengajak pengunjung tempat wisata ini berkumpul dan makan tumpeng bersama-sama. “Semoga ini bisa jadi tradisi sini, dengan harapan rizki yang diberikan oleh Allah bisa berlimpah dan kerukukan di antara pedagang bisa terjaga,” ujar Untung Hariyadi saat dikonfirmasi setelah kegiatan, Rabu (18/7).
Selanjutnya setelah doa bersama usai, seluruh pedagang diajak ke tempat sendang untuk memberi makan ikan yag sebelumnya sudah ada di tempat tersebut serta melepaskan benih ikan mas. “Tidak hanya melepas ikan, kita juga memberi makan hewan yang ada disini, seperti monyet dan lainnya,” tambahnya.
Semetara kepala Unit Pelaksana Teknik Daerah (UPTD) pengelola wisata Bektiharjo, Pantai Boom dan Go’a Akbar, Kansji saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini, selain tasyakuran, semoga bisa menarik pengunjung yang dulu menjadi salah satu wisata favorit masyarakat Tuban. “Bagus mas, semoga ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang kesini,” sambungnya.
Lebih lanjut, berbagai tempat wisata yang banyak muncul dengan mengusung tempat kolam renang. Namun, Bektiharjo masih mempunyai keunggulan yakni, air yang digunakan masih alami tanpa menggunakan obat atau penjernih air. “Sekarang yang membuta wisata banyak, namun kita masih punya keunngulan, yakni air yang digunakan masih alami dari sumber mata air,” terangnya. [hud]

Tags: