Tahun Ini, Bea Cukai Pasuruan Bisa Raih Penerimaan hingga Rp40 T

Pasuruan, Bhirawa
Dirjen Bea dan Cukai RI memasang target untuk Bea Cukai Tipe A Pasuruan dalam memberikan pemasukan untuk penerimaan negara sebesar Rp 39 triliun pada 2018 ini.
Dengan target yang dibebankan itu Bea Cukai Pasuruan yakin mampu memenuhinya, bahkan bisa tembus hingga Rp 40 triliun.
“Penerimaan paling besar kami dari pita cukai rokok dan tembakau. Tahun ini ditargetkan bisa meraup Rp 39 triliun. Kami sangat yakin bisa memenuhinya dan jika melihat perkembangan saat ini bisa mencapai Rp 40 triliun,” ujar Kepala KPPBC TMP A Pasuruan, Sugeng Harianto, Rabu (11/7).
Menurutnya, dari target sebesar Rp 39 triliun itu, sebagian besar didapatkan dari pita cukai rokok dan tembakau. Sementara untuk penerimaan dari bea masuk dan lainnya, angkanya tak sebanding dengan yang duterima dari pita cukai rokok dan tembakau.
“Pendapatan itu kami dapat dari sekitar 120 perusahaan, yang terdiri dari pabrik rokok dan industri yang berada di kawasan berikat. Makanya tadi mereka kami undang semua, untuk mempererat silaturahmi. Sehingga kalau ada masalah dapat dibicarakan dan secepatnya diselesaikanm” tambah Sugeng Harianto.
Dari sekitar 120 perusahaan itu, sekitar 60 perusahaan adalah pabrik rokok, mulai dari PT HM Sampoerna, PT Gudang Garam dan lainnya yang berproduksi di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sedangkan sekitar 60 perusahaan lainnyam berada di kawasan industri berikat, seperti di PT PIER, di Wonokoyo Gempol dan di Kecamatan Pandaan. [hil]

Tags: