Setiap Bulan Kabupaten Blitar Kirim 125 Ton Telur ke Jakarta

Bupati Blitar Drs H Rijanto MM saat menandatangani MoU dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memenuhi kebutuhan telur di Ibukota Jakarta.[hartono/bhirawa]

Pemkab Blitar, Bhirawa
Kabupaten Blitar sebagai daerah sentra penghasil telur ayam bakal memasok sekitar 125 ton telur per bulan ke DKI Jakarta.
Bahkan pengiriman telur ayam dari Kabupaten Blitar ke ibukota ini dituangkan dalam perjanjian kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta melalui BUMD PT Food Station Tjipinang Jaya dengan Pemkab Blitar, di mana perjanjian kerjasama ini ditandatangani Bupati Blitar Drs H Rijanto MM dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai payung hukumnya di Jakarta, Jumat (6/7) kemarin.
“Kebutuhan telur ayam di Jakarta per hari saja mencapai 250 ton, dari kebutuhan itu saat ini Kabupaten Blitar mampu menyuplai sekitar 125 ton per bulan,” kata Bupati Rijanto.
Lanjut Bupati Rijanto, jumlah ini ke depan seiring dengan berbagai perbaikan dan evaluasi akan terus ditambah sampai 250 ton per bulannya. Potensi itu sangat mungkin direalisasi karena melihat produksi telur ayam di Kabupaten Blitar sendiri bisa mencapai 450 ton per hari. Jumlah tersebut dibagi untuk dikirim ke beberapa daerah di Indonesia. Seperti Kalimantan, Sumatera, dan Indonesia Timur masih cukup, termasuk untuk pemenuhan kebutuhan telur lokal.
“Produksi telur di Kabupaten Blitar sangat cukup untuk menyuplai pasar di Jawa dan di luar Jawa, termasuk untuk mencukupi semua kebutuhan di Jakarta,” terangnya.
Sementara Sukarman Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN) Kabupaten Blitar mengatakan pengiriman telur ayam dari Kabupaten Blitar ke DKI Jakarta ini dikelola Koperasi Peternak Putera Blitar. Untuk sementara pihaknya mengaku baru bisa memenuhi sebanyak 125 ton per bulan. Namun dalam waktu satu dua bulan ke depan, suplai akan ditambah menjadi 250 ton per bulan.
“Dengan adanya kebutuhan ini, pengiriman setiap bulannya akan ditambah sampai 250 ton dari produksi telur ayam yang ikut dalam koperasi,” terang Sukarman.
Untuk diketahui, Kabupaten Blitar merupakan daerah sentra penghasil telur ayam nomor tiga se-Indonesia, di mana saat ini peternak ayam petelur di Kabupaten Blitar sebanyak 4.431 peternak, dan dari jumlah tersebut populasi ayam petelur saat ini mencapai 11 juta ekor. [htn,adv]

Tags: