Sekolah Mulai Arahkan Anak-anak Pola Hidup Sehat

Kepala SD Bright Kiddie Endang Juliatin berinteraksi dengan siswa dalam mengenalkan makan-makanan bergizi buah dan sayur, Sabtu (28/7).

Surabaya, Bhirawa
Kandungan gizi pada makanan empat sehat lima sempurna sering kali diabaikan masyarakat modern. Tak terkecuali para orangtua. Terbukti, orang tua tidak segan memilihkan menu siap makan (fast food) untuk dikonsumsi setiap harinya bagi anak. Pola makan itulah yang dieluhkan oleh SD Bright Kiddie Surabaya.
Kepala SD Bright Kiddie Endang Juliatin menuturkan, jika sebagian besar siswa-siswinya enggan memakan-makanan yang bergizi seperti buah dan sayur.
“Anak-anak banyak yang tak suka buah dan sayur. Selesai sekolah ya makan, tidur, les, mainan gadget. Sudah itu aja. Olahraga nya juga kurang. Ini kan gak baik bagi tubuh mereka” ungkap dia. Oleh sebab itu, lanjut dia, masih dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2018, pihak sekolah menggelar senam bersama, jalan sehat dan makan sayur dan buah bersama 157 siswa.
“Kami juga menghimbau para orangtua untuk membawakan bekal yang sehat dan bergizi. Pokoknya menu empat sehat lima sempurna” tambah dia. Selain itu, diakui pihak sekolah selama tahun ajaran 2018/2019 pihak sekolah menerapkan tema “Healthy Life for a Bright Future”. Ini dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan gadget dalam keseharian para siswa. “Aktifitas olahraga kami genjot. Bawa bekal makan-makanan sehat juga terus kami himbau. Kami ingin anak-anak ini sehat. Karena tubuh yang sehat adalah aset mereka di masa depan” papar dia.
Guru olahraga SD Bright Kiddie yang juga ketua pelaksana, Ifan Prima Setiawan menambahkan, mulai tahun ajaran ini, pihaknya mewajibkan para siswa untuk membawa bekal satu minggu sekali ketika jadwal pelajaran olahraga. “Ini agar setelah olahraga anak-anak memakan asupan gizi yang cukup untuk otak dan motoriknya. Karena selama ini, yang terjadi adalah fungai motorik lebih tinggi dibanding kerja otak” tambahnya.
Ganendra Dharmatama, siswa kelas 5 mengungkapkan jika ia tergolong tipe pemilih dalam mengkonsumsi makanan. Terlebih untuk buah-buahan dan sayuran. “Aku gak terlalu suka buah melon dan timun emas. Karena rasanya pahit. ini tadi dikasih miss dan mister (panggilan guru, red) pisang, semangka, melon dan timun emas dan pepaya” kata siswa berusia 11 tahun ini.
Sementara untuk sayuran sendiri, dia mengatakan jika dirinya tidak terlalu suka dengan sayuran berwarna hijau. “Aku gak begitu suka sayur yang warnanya hijau-hijau. Selain rasanya tidak begitu enak, aku juga kayak makan rumput. Tapi aku juga sangat suka dengan wortel karena enak banget” papar dia. [ina]

Tags: