Sejahterakan Masyarakat, Pembagian Kartu BPNT Digenjot

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bojonegoro Helmy Elisabeth

Bojonegoro, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berupaya menyelesaikan pembagian kartu bantuan pangan non tunai (BPNT) pengganti program beras sejahtera. Oleh karena itu Dinsos Bojonegoro terus menggenjot pembagian kartu BPNT ke masyarakat.
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bojonegoro Helmy Elisabeth mengatakan, kartu BPNT sudah dibagikan kepada warga. Namun demikian, pihaknya belum mengetahui jumlah yang disalurkan karena menunggu Bank BNI selaku lembaga perbankan penyalur BPNT yang ditunjuk pemerintah.
“Kartu BPNT saat ini terus dikebut pembagian agar bulan Juli ini cepat selesai dan masyarakat penerima BPNT bisa langsung bisa memanfaatkannya,” kata Kepala Dinas Sosial Bojonegoro, Helmy Elisabeth,” kemarin (4/7) diruang kerjanya..
Pembagian Kartu BPNT sendiri mulai disalurkan sejak akhir bulan Mei lalu, dimana saat penyaluran BPNT tersebut di warga yang ada di dua Kecamatan yakni Kecamatan Kota dan Trucuk. Pembagian kartu BPNT saat ini terus dilakukan bahkan pembagian sudah terjadwal.
“Saat pembagian Kartu BPNT juga mengajak agen untuk memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana cara membelanjakannya,” tutur wanita yang akrab disapa Helmy.
Dari total 121.462 penerima BPNT itu ada 11 ribu penerima kartu BPNT itu yang gagal regcal, pasalnya total itu juga merupakan penerima bantuan PKH dan non PKH, sehingga bagi anggota PKH itu juga menerima kartu BPNT akan tetapi kartu BPNT tidak bisa digunakan.
“Sedangkan untuk Penerima kartu BPNT Non PKH sebanyak 74 ribu lebih, Prinsipnya, sebanyak 121.462 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat segera menerima BPNT,” tutur Helmy
Dalam program BPNT, setiap bulan KPM akan mendapatkan jatah uang Rp110.000. Uang ini tersebut digunakan untuk menebus beras dan telur di agen-agen yang telah ditunjuk.
Namun yang pasti bagi masyarakat yang sudah menerima kartu BPNT, masyrakat sudah bisa memanfaatkan seuai kebutuhan. Sedangkan untuk penyaluran kartu BPNT ditargetkan selesai tanggal 25 Juli 2018 ini. [bas]

Tags: