Sebanyak 648 Siswa Sidoarjo Ikuti UNP 2018

Petugas dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo sedang memantau kondisi komputer, sebelum UNP dimulai.

Sidoarjo, Bhirawa
Siswa SMA/SMK/MA Negeri/Swasta mengikuti program Ujian Nasional Perbaikan (UNP) yang berlangsung 28 – 31 Juli 2018.Di wilayah Kabupaten Sidoarjo ada sebanyak 648 siswa yang telah mengikuti UNP. Dalam pelaksanannya, mereka terbagi di dua tempat, yakni di SMK Negeri Krian sebanyak 205 siswa dan di SMK Antartika 2 Buduran sebanyak 443 siswa.
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo Endang Widiastuti, SSos MSi menuturkan kalau peserta UNP adalah peserta Ujian Nasional yang nilai mata pelajaran UN belum mencapai standar kompetensi yang ditetapkan, yakni 55,0. Namun, kenyataannya tidak seperti itu, mereka para siswa yang nilai sudah lumayan bagus juga masih ingin memperbaikinya.
“Ternyata nilai tersebut akan digunakan untuk mendaftar di TNI/Polri, maupun kedinasan yang lainnya,” tutur Endang Widiastuti, (30/7).Jadi, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sudah mempertimbangkan kemungkinan UNP juga dapat diikuti oleh siswa yang nilainya sudah mencapai standar, namun tetap ingin memperbaikinya.
Hal itu dilakukan untuk mengakomodasi siswa yang ingin memperbaiki nilai UN karena ada standar nilai khusus dari perguruan tinggi yang ditujunya.
“Misalnya, untuk standar Perguruan Tinggi seperti Akmil (Akademi Militer) atau Akpol (Akademi Kepolisian), kita memberikan kesempatan untuk siswa melakukan perbaikan nilainya,” tuturnya.
Kepala SMK Antartika 2 Buduran, Sidoarjo Imam Jawahir mengatakan bahwa sekolahnya telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai sekolah penyelenggara UNP Provinsi Jawa Timur 2018, tertanggal 2 Juli 2018 lalu. Oleh karena itu, kami harus siap, apalagi sekolah kami sudah mendahului dalam pelaksanaan UNBK. “Jadi sejak awal UNP ini normal tidak ada kendala,” katanya.UNP yang dilaksanakan dalam 2 sesi tiap hari ini, kami telah menyediakan 4 ruang laboratorium dan 4 server utama, serta 1 server cadangan. “Dan Alhamdulillah hingga saat masih berjalan baik dan lancar tanpa kendala,” jelas Imam Jawahir yang mendampingi petugas dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Sidoarjo saat melakukan pemantauan, kemarin(30/7). [ach]

Tags: