Ratusan Warga Sepande Sidoarjo Blokade Pusat Perbelanjaan

Ratusan warga Desa Sepande menduduki depan pertokoan dan berorasi. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Ratusan warga Desa Sepande, Kec Candi Sidoarjo beramai-ramai melakukan aksi unjuk rasa ke pusat perbelanjaan Greens Mart. Aksi mereka diwarnai dengan penutupan akses jalan dengan menggunakan pohon bambu menuju pusat perbelanjaan. Warga menuntut parkir di kawasan itu diambilalih Karang Taruna, namun tak diperbolehkan pihak pengelola pusat perbelanjaan.
Meski hingga siang hari belum ditemui pihak PT Kalidana Group, akibatnya aksi warga semakin menjadi, warga juga mengungkit-ngunkit saluran irigasi dan lain sebagainya, sehingga akhirnya warga memblokade akses masuk ke pusat perbelanjaan dengan menggunakan pohon bambu.
Warga terpaksa melakukan aksi unjuk rasa di depan pusat perbelanjaan Greens Mart kawasan Perumahan Safira Garden, milik PT Kalidana Group, Senin (30/7).
“Permintaan warga hanya sepele, bahwa lahan parkir yang di kawasan pusat perbelanjaan itu diambil alih Karang Taruna desa setempat, namun tak diperbolehkan,” jelas Kusnan salah satu tokoh wara setempat.
Menurutnya, sebelum aksi pemblokiran, warga terlebih dahulu membuka tumpeng dan dimakan bersama-sama. Hal ini sebagai tanda, warga bersatu untuk kepentingan bersama-sama. ”Gerakan ini untuk kepentingan bersama,” tegasnya.
Kusnan juga menegaskan, kalau pihak PT Kalidana tak peduli dengan warga sekitar. Padahal proyeknya cukup banyak di kawasan Desa Sepande ini. Padahal efek dari pembangunan itu warga juga yang kena dampaknya. ”Karena pembangunan proyek, saluran irigasi banyak yang ditutup sehingga sering terjadi banjir,” katanya. [ach]

Tags: