Pemerintah Kota Probolinggo Raya Kembali Raih KLA Pratama

Walikota Rukmini dengan piala KLA Pratama kali kedua.

Pemkot Probolinggo, Bhirawa
Setelah sukses menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Pratama tahun lalu, Kota dan kabupaten Probolinggo kembali menorehkan prestasi serupa tahun ini. Penghargaan KLA Kategori Pratama diperoleh Kota Probolinggo dua kali beruntun. Wali Kota Rukmini dan menerima penghargaan tersebut secara langsung dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, Yohana Yambise, di Dyandra Convention Center, Surabaya.
Penghargaan Kota Layak Anak merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang telah mewujudkan program pemenuhan hak anak dengan baik. Penghargaan ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan tim KPPPA kepada 389 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dari hasil evaluasi tersebut, 177 kabupaten/kota berhasil meraih penghargaan di kategori yang berbeda-beda.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Probolinggo, Sukam, Rabu 25/7 mengucapkan rasa syukurnya atas keberhasilan Kota Probolinggo meraih penghargaan KLA Pratama. Namun pihaknya tetap berharap ke depan Kota Probolinggo bisa meraih penghargaan dengan kategori yang lebih tinggi.
“Hasil penilaian tahun ini cukup tinggi, sudah lebih baik dari tahun lalu. Kita tinggal menunggu hasil evaluasi dari tim KPPPA sehingga kita tahu poin-poin mana saja yang masih kurang sehingga kita bisa perbaiki lagi,” ujar Sukam.
Hal yang sama diterima penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo Tahun 2018. Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelianto.
“Kami semua sangat bersyukur, OPD dan masyarakat Kabupaten Probolinggo telah berkarya. Penghargaan ini menambah motivasi kami, bekerja dengan semangat sinergitas itu memang luar biasa hasilnya. Salam Bela Negara untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo” ungkap Tjahjo Wododo, Pj. Bupati probolinggo.
Penghargaan serupa juga pernah diterima Pemkab Probolinggo tahun 2017 lalu yang diterima Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko di Pekanbaru Riau pada acara tahunan yang sama.
Data yang dihimpun Diskominfo, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan evaluasi Kabupaten/Kota Layak setiap tahun, sedangkan evaluasi bidang pembangunan berbasis gender berupa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dilakukan rutin setiap dua tahunan.
Untuk APE, Kabupaten Probolinggo telah meraih penghargaan di tahun 2008 dan 2016. Sedangkan KLA berturut-turut diraih tahun 2017 dan 2018 kategori Pratama, tambahnya.(Wap)

Tags: