Pemerataan Pendidikan Jadi PR Disdik Jombang

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Budi Nugroho saat diwawancarai sejumlah wartawan di kantornya, Rabu (4/7) kemarin. [Arif Yulianto]

Jombang, Bhirawa
Setelah melakukan pemerataan pendidikan melalui sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang berencana akan melakukan pemerataan fasilitas pendidikan di seluruh sekolah di Kabupaten Jombang.
Diterapkannya sistem zonasi pada PPDB tahun 2018 ini, merupakan upaya Pemerintah Republik Indonesia untuk melakukan pemerataan pendidikan di negeri ini, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018 tentang PPDB.
“Jadi, penerapan dengan sistem zonasi ini, semangatnya adalah untuk pemerataan kualitas pendidikan,” kata Kepala Disdik Jombang, Budi Nugroho saat diwawancarai sejumlah wartawan, Rabu siang (4/7). Selain itu, kata Budi Nugroho, pihaknya juga akan berupaya untuk melakukan pemerataan fasilitas pendidikan. Seperti pemerataan SDM, yakni para pengajar yang akan disebar di seluruh sekolah, memiliki kualitas yang sama.
“Ke depannya nanti juga pemerataan SDM. Nah, gurunya ini juga harus kualitasnya sama,” imbuh Budi Nugroho.
Selain pemerataan kualitas guru dalam mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas, lanjutnya, Disdik Jombang juga akan mengupayakan pemerataan sarana dan prasarana bagi sekolah-sekolah di seluruh wilayah Kabupaten Jombang. Hal tersebut untuk menghilangkan label sekolah favorit dan tidak favorit di kalangan masyarakat.
“Pekerjaan Rumah (PR) berikutnya agendanya adalah, setelah muridnya diratakan, SDM nya diratakan, Sarana prasarananya juga harus diratakan. Jadi bahasa sekolah favorit harus dihilangkan,” tandasnya.
Sekadar diketahui, pada PPDB dengan menggunakan sistem zonasi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jonbang ini, terdapat total siswa baru sejumlah 10.336 siswa, yang diantaranya adalah 7.752 siswa menggunakan Pagu Umum, 2.070 siswa menggunakan Pagu Miskin dan 514 siswa menggunakan Pagu Prestasi. [rif]

Tags: