Pembubaran UPTD Kecamatan Dinas Dikpora Tunggu Perbup

Suharno

Tulungagung, Bhirawa
Pembubaran unit pelayanan teknis daerah (UPTD) Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Tulungagung di kecamatan-kecamatan masih menunggu terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) Tulungagung. Rencananya, Perbup tersebut akan terbit dalam waktu dekat.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Tulungagung, Suharno SPd MPd pada Bhirawa, Minggu (8/7). “Pembubaran UPTD Dinas Dikpora di kecamatan-kecamatan masih menunggu Perbup,” ujarnya.
Ia belum bisa memastikan kapan kepastian terbitnya Perbup tersebut. “Tetapi kemungkinannya sebentar lagi atau tidak lama lagi Perbup itu sudah kan terbit,” ucapnya.
Suharno yang mantan Ketua PGRI Tulungagung ini selanjutnya mengungkapkan kendati UPTD Dinas Dikpora di kecamatan-kecamatan dibubarkan nantinya masih bisa dibentuk koordinator pelayanan di tingkat kecamatan. . “Pejabat koordinator ini merupakan pejabat fungsional,” tuturnya
Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tulungagung, Drs Arief Boediono MSi, juga mengungkapkan hal yang sama. Menurut dia, pejabat kepala UPTD di kecamatan bisa saja beralih menjadi pejabat fungsional sebagai koordinator pelayanan di tingkat kecamatan.
“Kalau pelaksanaannya menunggu Perbup. Saat ini Perbupnya belum terbit,” katanya.
Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Tulungagung, Drs H Mashud, menegaskan pembubaran UPTD Dinas Dikpora Kabupaten Tulungagung di kecamatan-kecamatan harus disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah.
“Masalah pembubaran UPT Dinas Dikpora harus disesuaikan dengan permennya. Yakni Permendagri No. 12 Tahun 2017,” tandasnya.
Terkait pejabat dan staf yang kini menjalankan tugas di UPT di kecamatan-kecamatan tersebut, Mashud mengungkapkan akan masuk pada Dinas Dikpora Kabupaten Tulungagung jika dibubarkan. “Pejabatnya masuk pada dikpora kabupaten/kota,” terangnya.
Sesuai rencana, menurut politisi asal PKB ini, pembubaran UPT tingkat kecamatan Dinas Dikpora Kabupaten Tulungagung masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) Tulungagung. Dan dimungkinkan penerbitan Perbup tersebut tidak akan lama lagi. [wed]

Tags: