Pantau Layanan Hingga Harus Tidur di Posko

Ema Sumiarti

Ema Sumiarti
Agenda tahunan Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK selalu mendapat perhatian. Khususnya oleh wali murid se Jawa Timur yang tengah berusaha mencari sekolah untuk anak-anaknya.
Dalam kondisi tersebut, layanan PPDB harus benar-benar optimal. Akses dalam jaringan (daring) terus dipantau agar tidak mengalami kendala. Alur pengakses menjadi perhatian agar tidak sampai over load. Kegiatan itu terekam sepenuhnya di posko PPDB SMA/SMK negeri se-Jatim di kantor Dindik Jatim Jalan Jagir Sidoresmo 5 Surabaya.
Di dalam ruangan tersebut, ada beberapa orang yang selalu setia menunggu monitor bergambar statistik pendaftar dan pengakses laman PPDB. Salah satunya Ema Sumiarti. Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dindik Jatim tersebut mendapat tugas dari Kepala Dindik Jatim menjadi penanggung jawab PPDB. Untuk memastikan seluruh layanan berjalan optimal, Ema pun harus rela pindah rumah sementara. Bermalam di posko adalah hal yang lumrah pada saat masa PPDB berlangsung.
“Saya biasanya bawa bantal sendiri terus tidur di pojok situ,” tuturnya sambil menunjuk sudut ruangan Podko PPDB Jatim. Kebiasaan tersebut kerap dilakukannya sejak persiapan PPDB hingga PPDB SMA/SMK negeri se-Jatim ditutup pada 28 Juni lalu. “Jadi sejak Ramadan sudah biasa bermalam di posko. Makan sahur kita juga di sini. Kadang subuh sudah ada tamu yang menunggu,” tutur Ema.
Kedatangan tamu umumnya adalah orang-orang yang kurang jelas terhadap informasi PPDB. Selain itu, perwakilan sekolah dari berbagai daerah juga kerap datang lebih pagi untuk menyelesaikan administrasi pendaftaran yang diperlukan. Khususnya PPDB jalur offline, mulai dari jalur prestasi, mitra warga maupun bidikmisi.
Ema mengaku, ada banyak hal yang dilakukan dia dan timnya agar koneksi terhadap laman PPDB berjalan tetap optimal. Salah satunya membatasi update pendaftar yang terekap maksimal seratus anak. “Tapi masyarakat tetap bisa memantau progress PPDB dengan mengikuti menu hasil perankingan,” tutur Ema. [tam]

Tags: