Minggu Buka, Pelajar dan Mahasiswa Mulai Kunjungi Perpusda

Para pelajar lagi mengisi formulir menjadi anggota perpustakaan, minggu kemarin.

Sidoarjo, Bhirawa
Setelah resmi dibuka layanan pada hari minggu, puluhan pelajar dan mahasiswa mulai berdatangan memanfaatkan waktu untuk membaca buku-buku di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Sidoarjo. Karena Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo sebelumnya hanya membuka layanan pada hari kerja dan hari Sabtu hingga pukul 19.00 wib.
Namun kali ini, selain hari kerja, juga dibuka layanan pada hari Sabtu dan Minggu hingga pukul 18.00 wib. Sehingga pada Minggu(8/7) kemarin para pelajar dan mahasiswa sudah mulai berdatangan. Mereka sebagian sudah memiliki kartu anggota perpustakaan, dan langsung bisa memanfaatkan untuk membaca dan meninjam buku yang diperlukan. Sementara ada yang sebagian baru daftar menjadi anggota perpustakaan.
Seperti yang dialami oleh Cantika Mega siswi SMA 1 Sidoarjo ini bersama teman-temannya baru mendaftar menjadi anggota perpustakan. Usai memasukkan data yang diperlukan, dan diambil gambar untuk pembuatan kartu anggota. Ia mengaku sangat senang sekali bisa memanfaat hari minggu ke perpustakan untuk membaca buku-buku yang bermanfaat. “Saya senang sekali membaca buku, kesukaanku adalah buku-buku jenis cerpen dan komik,” katanya.
Kepala Perpustakaan dan Arsip Pemkab Sidoarjo Endang Soesijanti mengatakan, kalau kegiatan menambah jam buka layanan pada hari minggu ini merupakan program peningkatan minat baca bagi masyarakat. Disamping itu, kami juga terus menambah buku-buku bacaan yang diperlukan oleh masyarakat. “Begitu juga ruangan dan lingkungan juga dibuat sedemikian rupa agar masyarakat lebih betah membaca buku di perpustakaan ini,” katanya.
Disisi lain, bagi penggemar buku juga masih bertahan dengan baik, bahkan terus mengalami peningkatan. Karena kemudahan mencari referensi dengan melalui HP/Gatget tidak menjamin keasliannya, bahkan banyak yang teredar materi-materi yang diduga hoax/palsu. “Kalau membaca buku, sudah dijamin keasliannya. Penerbitnya dan siapa pengarangnya dijamin asli, tidak mungkin hoax, ” tegasnya.
Bukan hanya itu saja, jumlah koleksi buku juga terus di update yang terbaru. Untuk koleksi buku hingga sekarang sudah sekitar 99.459 eksemplar. Sedangkan judul bukunya ada sekitar 98.114 judul. Sebagian tempat parkir halaman tengah juga diberikan kepada pengunjung, yakni untuk mengakses internet melalui Hi Fi secara gratis. “Untuk mencari buku yang diinginkan juga tinggal klik. Proses menjadi anggota juga cukup mudah, tinggal isi formulir, potret, dalam waktu 5 menit kartu anggota sudah jadi,” pungkasnya. [ach]

Tags: