Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial

Wabup bersama Forkopimda saat upacara pembukaan TMMD. [kariyadi/bhirawa]

(Pembukaan TMMD Reguler ke-102 Tahun 2018)

Kab Mojokerto, Bhirawa
Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-102 tahun 2018 di Kabupaten Mojokerto, resmi dibuka dengan ditandai upacara yang dipimpin Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Selasa (10/7) pagi di lapangan Desa Bleberan, Kecamatan Jatirejo.
Mengangkat tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial”, TMMD tahun ini berlangsung dari tanggal 10 Juli sampai 8 Agustus di lima daerah lokasi sasaran. Di Kabupaten Mojokerto sendiri khusunya, Desa Jembul Kecamatan Jatirejo ditetapkan sebagai lokasi TMMD.
Wakil bupati membacakan amanat sambutan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberi bantuan untuk mendukung kelancaran TMMD. Namun program ini tidak bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan berbagai stakeholders.
“TMMD adalah program lintas sektoral baik dari Kementrian, lembaga, Pemprov, Pemkab dan masyarakat selama tiga kali dalam setahun. Kegiatan membantu percepatan pembangunan ini, tidak bisa berjalan oleh TNI AD saja. Namun juga kerjasama dan koordinasi antar stakeholder terkait,” tutur wakil bupati.
Tidak lupa gubernur menitipkan pesan terimakasih kepada seluruh pihak, atas kerjasamanya dalam mengawal Pilkada serentak tgl 27 Juni kemarin dengan baik.
“Pilkada serentak tanggal 27 Juni lalu, telah kita gelar di 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota di Indonesia. Jawa Timur sendiri terdapat 18 kabupaten/kota dan satu Pilgub. Terimakasih pada Kodam V/Brawijaya, Polda, Bawaslu, KPU serta masyarakat Jawa Timur yang cinta damai, atas terselenggaranya pesta demokrasi dengan kondusif,” tambahnya.
Hadir dalam upacara ini antara lain Assisten, unsur Forkopimda, Yonif 503, Danrem, KA SPN, OPD serta camat se-Kabupaten Mojokerto.
Usai upacara, rombongan Forkopimda meninjau lokasi TMMD. Dilokasi itu dilakukan peletakan batu pertama pembangunan tempat ibadah, penanaman pohon hingga penyerahan aneka bantuan.
Dipilihnya lokasi TMMD di Kawasan Jatirejo itu, karena tempat ini berada di lereng gunung dan jauh dari pusat kota. Sehingga bantuan yang dikucurkan diharapkan mampu memberikan stimulan bagi perkembangan kawasan tersebut.
Selain itu, TMMD diharapkan mampu memberikan efek positif secara ekonomi dan sosial bagi daerah lokasi TMMD. Semangat membagun daerah juga diharapkan muncul pasca digelarnya TMMD. [kar.adv]

Tags: