KPU Kota Probolinggo Tetapkan Handal – Hati Paslon Terpilih

Pasangan Hadi Zainal Abidin terima penetapan dari KPU kota.

Kota Probolinggo, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo, menetapkan pasangan Hadi Zainal Abidin- Moch. Soufis Subri (Handal Brilian) sebagai calon terpilih dalam pilkada Kota Probolinggo 2018. Sedangkan KPU kabupaten Probolinggo menetaphan pasangan HATI sebagai pemenang pilkada. Penetapan tersebut dilaksanakan dalam rapat pleno terbuka.
Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri, Jum’at 27/7 mengatakan, itu adalah hari terakhir batasan KPU harus menggelar rapat pleno penetapan. Menyikapi susksesnya Pilkada Kota Probolinggo, Hudri mengapresiasi semua pihak yang telah membantu KPU dalam menyukseskan Pilwali Kota Probolinggo 2018.
“Saya mengapresiasi masyarakat yang telah menjaga kondusifitas Kota Probolinggo. Terlebih kepada Pemerintah Kota Probolinggo yang telah melaksanakan kewajibannya mendorong partisipasi masyarakat dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo 2018. Berdasarkan data yang kami himpun, partisipasi masyarakat dalam Pilkada sebesar 79 persen. Ini angka yang cukup tinggi,” ungkapnya.
Wali Kota Probolinggo Rukmini melalui Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Probolinggo, Budiono Wirawan. Berharap Kota Probolinggo bisa semakin sukses di masa yang akan datang. Kesejahteraan masyarakat dapat meningkat dan merata serta lebih kreatif dan inovatif,” ujarnya.
Calon Wali Kota terpilih, Hadi Zainal Abidin dalam kesempatan itu mengapresiasi kinerja kepolisian. “Terima kasih kepada Kepolisian yang telah bekerja dengan baik sehingga perjalanan pesta demokrasi, tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, yang mencoreng pesta demokrasi yang ada di Kota Probolinggo,” katanya.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo pada waktu yang sama secara sah menetapkan pasangan calon (paslon) Hj. Puput Tantriana Sari, SE dan Drs. HA. Timbul Prihanjoko (HATI) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo terpilih. Dengan demikian, paslon ini akan kembali memimpin Kabupaten Probolinggo untuk periode kedua.
Paslon Hj. Puput Tantriana Sari, SE dan Drs. HA. Timbul Prihanjoko (HATI) berhasil unggul atas paslon H Abdul Malik Haramain, M.Sc-H Mohammad Muzayyan, M.HI (MMC). Dimana paslon HATI memperoleh sebanyak 345.473 suara atau 54,93 persen. Sementara paslon MMC mendapatkan 254.337 suara atau 40,44 persen. Selanjutnya paslon HATI akan segera dilantik pada 20 September 2018 mendatang di Gedung Grahadi Surabaya.
Bupati Probolinggo Terpilih Hj. Puput Tantriana Sari, SE mengatakan, penetapan paslon Bupati dan Wabup Probolinggo terpilih ini merupakan rangkaian akhir dari keseluruhan tahapan Pilbup Probolinggo Tahun 2018.
“Atas nama paslon HATI saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada KPU yang telah betul-betul dikuras tenaga dan pikirannya untuk mengurus prosesi pilkada di Kabupaten Probolinggo. Tapi berkat KPU, Panwaslu, PPK, jajaran Polres dan Kodim 0820 Probolinggo, tokoh parpol serta tokoh agama dan tokoh masyarakat pilkada berjalan dengan aman dan sukses, ” paparnya.
Istri dari H Hasan Aminuddin ini menyampaikan walaupun ditetapkan sebagai zona merah oleh Polda Jawa Timur, tetapi Kabupaten Probolinggo mampu membuktikan telah cerdas menyikapi segenap perbedaan dan politik berupa pilihan. Tentunya proses pilkada ini menjadi proses pembelajaran agar senantiasa mampu mempertahankan kedewasaan berpolitik.
Ketua KPU Kabupaten Probolinggo HM Zubaidi mengungkapkan sesuai dengan PKPU Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan “Setelah penetapan paslon terpilih ini, maka proses pilkada sudah selesai dan kita kembalikan ke DPRD untuk mengadakan rapat istimewa.
Kemudian menyampaikan surat keputusan kepada Menteri Dalam Negeri RI dan Gubernur Jawa Timur. Kita sudah mendapatkan informasi bahwa pelantikan akan dilakukan pada 20 September 2018 di Gedung Grahadi Surabaya. Keputusan MK ini sudah final dan sudah selesai, ” tambahnya.(Wap)

Tags: