KPU Kabupaten Tulungagung Masih Sepi Pendaftar Calon Legeslatif

Sejumlah staf KPU Tulungagung menunggu pendaftar caleg di Gedung Media Center Kantor KPU Tulungagung yang sampai Selasa (10/7) masih terlihat sepi.

Tulungagung, Bhirawa
Kendati sudah dibuka sejak tujuh hari lalu, pendaftar calon legislatif (caleg) di KPU Tulungagung masih sepi. Hanya ada tiga bakal calon legislatif (bacaleg) yang datang ke KPU Tulungagung dan itu pun untuk menanyakan persyaratan caleg dan mengambil blanko pendaftaran.
Ketua KPU Tulungagung, Suprihno SPd MPd, pada Bhirawa, Selasa (10/7),mengungkapkan masih sepinya bacaleg melakukan pedaftaran di Kantor KPU Tulungagung karena masih mengurus persyaratan.
“Informasi yang kami dengar begitu. Mereka (bacaleg) masih mengurus persyaratan-persyaratan seperti di antaranya, surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta surat keterangan bebas narkoba di rumah sakit,” ujarnya.
Menurut Suprihno, kendati masih belum ada yang melakukan pendaftaran caleg, KPU Tulungagung tetap selalu bersiap setiap harinya menunggu bacaleg yang akan mendaftar.
Staf Sekretariat KPU Tulungagung menunggu di Gedung Media Center Kantor KPU Tulungagung yang dijadikan tempat help desk penerimaan berkas pendaftaran pencalonan anggota DPRD Kabupaten Tulungagung dalam pemilu tahun 2019.
Selanjutnya, alumni Universitas Jember (Unej) ini menyatakan dimungkinkan para bacaleg akan melakukan pendaftaran pada hari-hari terakhir. Yakni pada Selasa (17/7) pekan depan.
“Jika memang bacaleg nanti mendaftarnya di hari-hari terakhir kami tetap akan siap melayani pendaftaran mereka. Kami sudah siapkan semuanya jika mereka (bacaleg) daftar di hari-hari terakhir,” paparnya.
Sebelumnya, sejumlah pimpinan partai politik (parpol) di Tulungagung menyatakan masih menunggu waktu yang tepat untuk melakukan pendaftaran caleg di Kantor KPU Tulungagung. Kebanyakan dari mereka baru akan melakukan pendaftaran pada hari-hari terakhir. Seperti yang dikatakan Ketua DPC PKB Tulungagung, Adib Makarim SAg.
“Masa pendaftaran masih panjang. Daftar di hari terakhir kan tidak apa-apa,” ujarnya lantas tersenyum.
Begitu pun yang diucapkan Ketua DPC Partai Hanura Tulungagung, Imam Kambali SE MSi. Menurut dia, dimungkinkan bacaleg dari Partai Hanura melakukan pendaftaran pada hari-hari terakhir karena saat ini tengah mengurus berbagai persyaratan. “Sekarang banyak yang menjalani tes kesehatan dan pskiologi di rumah sakit untuk keterangan sehat jasmani dan rohani,” terangnya.
Sementara itu, komisioner KPU Tulungagung, Agus Safei SH, mengingatkan jika penyerahan berkas pendaftaran caleg batas akhirnya pada Selasa (17/7) pukul 24.00 wib. “Maka dari itu sebelum tanggal 17 Juli 2018, silahkan berkas pendaftaran di kumpulkan di KPU Tulungagung,” tuturnya. (wed)

Tags: