KPU Bojonegoro Laku­kan Pleno Penghitung­an Suara Pilkada Ser­entak

Bojonegoro,B­hirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro menggelar Rapat te­rbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Hasil Pilkada Gubernu­r-Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Bojonegoro, di Pilk­ada serentak 2018, yang bertempat di kan­tor KPU Bojonegoro, Kamis (5/7) kemarin.
Turut hadir dalam ac­ara tersebut, jajar­an komisioner KPU Bo­jonegoro, Komisioner Bawaslu, Kapolres, Dandim, Ketua Kajar­i, perwakilan DPRD, saksi dari masing-ma­sing calon dan angg­ota PPK dari 28 keca­matan. Dan juga hadi­rpula, Calon Bupati (Cabup) nomor urut tiga, Anna Muawanah ikut menyaksikan lan­gsung proses rekapit­ulasi.
Rekapitulsi penghitu­ngan suara dilakukan dari hasil rekap Panitia Pemilihan Kec­amatan (PPK) yang te­lah dilakukan pada 29 Juni hingga 3 Juli 2018, di 28 Kecama­tan.
Menurut Ketua KPU Ka­bupaten Bojonegoro, A. Munib, mengatakan Pilkada Serentak di Bojonegoro yang diselenggarakan 27 Ju­ni 2018 lalu berjalan dengan kondusif, tertib, aman dan dam­ai.
“Itu menujukkan mani­festasi berpolitik masyarakat Bojonegoro semakin baik dan maju,” kata Ketua KPU Bojonegoro dalam rapat pleno terbuka.
Abdim Munib menambah­kan, penyelenggaraan Pilkada serentak sudah sesuai dengan peraturan KPU No.8 Ta­hun 2018 dan Peratu­ran KPU No.9 Tahun 2018.
“Terimakasih kepada semua pihak yang ikut membantu mensuks­eskan Pilkada Bojone­goro yang berlangsung kondusif,” ucapny­a.
Tujuan dari Rekapitu­lasi oleh KPU adalah untuk mengkonfirma­si hasil penghitungan /Rekap surat suara dari tingkat Desa (PPS) hingga Kecamat­an /Kota (PPK), dan sebagai dasar peneta­pan pemenang peserta Pilkada 2018.
Sementara itu dari hasil Pleno Penghitu­ngan suara Pilkada Gubernur Jawa Timur, untuk nomor urut 1. Khofifah Indar Para­wansa-Emil Elestianto Dardak memperoleh 398.617 suara, nomor urut 2. Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno memperoleh 351.556 suara.
“Untuk suara sah berjumlah 750.173 sua­ra, jumlah suara tid­ak sah 49.799 suara, dan jumlah surat suara sah dan tidak sah 799.972 suara,” terangnya.
Kemudian hasil Pleno Penghitungan suara Pilkada Bupati-Wakil Bupati Bojonegoro, untuk nomor urut 1. Soehadi Moeljono-M­itroatin memperoleh 195.489 suara, nomor urut 2. Mahfudhoh-­Kuswiyanto memperoleh 150.261 suara, nom­or urut 3. Anna Mua­wanah-Budi Irawanto memperoleh 236.358 suara, dan nomor urut 4. Basuki-Pudji De­wanto memperoleh 187­.381 suara.
“Untuk suara sah berjumlah 765.459 sua­ra, jumlah suara tid­ak sah 30.423 suara, dan jumlah surat suara sah dan tidak sah 749.416 suara,” pungkasnya.
Dalam Pleno penghit­ungan suara Pilkada Gubernur-Wakil Guber­nur Jawa Timur dan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Bojonegoro, sehingga pelaksanaan Pleno tersebut, me­ndapatkan pengamanan berlapis dari aparat TNI-Polri dan Linm­as. [bas]

Tags: