Koperasi di Kabupaten Gresik ”Banyak yang Tak Sehat”

Ketua TP PKK Kab Gresik, Maria Ulfa Sambari meninjau produk unggulan UMKM. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Banyak koperasi di Kab Gresik terindikasi tidak sehat. Dari 1.135 koperasi yang ada, hanya sebagian yang sehat. Berdasarkan data Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindag Pemkab Gresik, dari jumlah itu yang sehat hanya 119 koperasi. Rinciannya, 59 sehat dan 60 koperasi sangat sehat.
Salah satu koperasi sangat sehat itu adalah Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) dengan aset Rp1,2 triliun. Koperasi yang berada dibawah naungan PT Semen Gresik ini bahkan berada pada urutan 230 koperasi sangat sehat dunia.
Menurut Agus Budiono, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perikdag Pemkab Gresik pada peringatan Hari Koperasi tahun 2018 kali ini, panitia menggelar banyak lomba, yaitu lomba uji kompetensi koperasi wanita, lomba koperasi berprestasi, lomba debat koperasi siswa, serta pemberian penghargaan kepada insan pengabdi koperasi Gresik 2018.
Dikatakan Agus, pihaknya sengaja pada peringatan kali ini mengajak para pelaku UMKM Kab Gresik. Hal ini sesuai dengan tema untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Peringatan hari koperasi merupakan kerja sama dengan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kab Gresik .
Kendati hari Koperasi sendiri berlangsung pada tanggal 12 Juli, namun Pemkab Gresik melaksanakan kegiatan itu pada Kamis (26/7). Gelaran puncak peringatan Hari Koperasi dipusatkan di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) di Jalan Jaksa Agung Suprapto.
Selain para Pengurus dan Penggiat Koperasi se Kab Gresik, tampak hadir Ketua Dekopin Gresik Sudigno, Pejabat Pemkab Gresik serta beberapa perwakilan Forkopimda Gresik. Tampak juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik, Hj Maria Ulfa Sambari yang didampingi Ketua Dharma Wanita Kab Gresik, Ning Esti Djoko Sulistio Hadi serta perwakilan dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW). [eri]

Tags: