Kodim 0815 Target Tuntaskan Bangun 18 Jamban Sehat Keluarga

Petugas Kodim 0815 mengerjakan pembuatan jamban sehat keluarga di Deda Jembul, Jatirejo, Kab Mojokerto. [kariyadi/bhirawa]

Kab Mojokerto, Bhirawa
Upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat menjadi atensi Kodim 0815 Mojokerto dalam TMMD Reguler Ke – 102 TA. 2018.
Salah satu program untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan yang sehat, pembangunan jamban sehat menjadi salah satu sasaran fisik bagi warga yang kurang beruntung di Desa Jembul Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
“Keberadaan jamban sehat merupakan sanitasi dasar yang harus dimiliki setiap keluarga, dengan adanya jamban maka limbah manusia (tinja) dapat diisolasi sehingga tidak menyebabkan pencemaran pada air, tanah dan udara (bau) serta kesehatan lingkungan dapat terjaga,” terang Dansatgas TMMD yang juga Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima SH.
Pada TMMD Reguler Ke – 102 di wilayah Kodim 0815 Mojokerto menjadikan jamban keluarga sebagai salah satu prioritas yang harus dibangun di samping pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan, balai desa, dan lain-lain.
Ditargrtkan sebanyak 18 unit jamban sehat yang tersebar di wilayah Desa Jembul, tuntas dibangun pada TMMD kali ini.
Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH melalui Pasiterdim 0815 Kapten Arh Supriyono saat dikonfirmasi awak media, mengungkapkan, pembangunan jamban keluarga sebagai salah satu sasaran fisik pada TMMD kali ini dimaksudkan untuk membantu mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman.
Hal ini dilakukan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi yang tersebar di empat RT dan dua RW se-wilayah Desa Jembul. Pembangunan jamban keluarga ini, selain dari personel TNI, juga melibatkan masyarakat setempat secara gotong royong.  Melalui kegiatan ini diharapkan akan semakin memantapkan kemanunggalan TNI – Rakyat.
Memasuki hari ketiga pasca dibukanya TMMD, pembangunan jamban keluarga sudah mencapai hasil cukup signifikan. Dari 18 jamban tersebut, 14 unit jamban sudah mencapai kisaran 53 %, 2 unit jamban mencapai 25 % dan 2 unit pada kisaran 1 %.
Ditambahkan Danramil 0815/15 Jatirejo Kapten Inf Supriyant, jiia ke-18 unit jamban keluarga tersebut, tersebar di lingkungan RT 01 sebanyak 5 unit dan  sisanya sejumlah 13 unit berlokasi di wilayah RW 02. ]kar]

Tags: