Kodam V Brawijaya Sediakan Kawasan Bebas dari Asap Motor

Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman (tengah) saat launching Car Free Day di Lapangan Kodam V Brawijaya, Minggu (1/7). [abednego/bhirawa]

(Gelar Car Free Day dan Olahraga Bersama)
Surabaya, Bhirawa
Kemanunggalan TNI dan rakyat terus dibuktikan oleh Kodam V Brawijaya. Salah satunya dengan menggelar acara Car Free Day dan olahraga bersama di komplek Makodam V Brawijaya, Minggu (1/7).
Setiap minggunya, acara yang digagas Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman ini bertujuan untuk mewujudkan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Yakni dengan menggelar acara Car Free Day dan olahraga di Makodam V Brawijaya, dan dikhususkan untuk warga Kota Surabaya maupun warga komplek Kodam V Brawijaya.
Setelah meresmikan acara Car Free Day dan olahraga ini, Mayjen TNI Arif Rahman didampingi anggota jajaran Kodam V Brawijaya melakukan olahraga senam bersama. Dan dilanjut dengan bersepeda atau gowes dengan komunitas sepeda gowes yang ada di Surabaya.
Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan kegiatan ini setiap minggunya akan dilakukan di Kodam V Brawijaya. Karena lapangan luas, maka warga masyarakat bisa menggunakannya untuk olahraga bersama, bersepeda gowes dan lari bersama.
“Tentunya kita ciptakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor dan asap motor, yakni dengan kegiatan Car Free Day dan olahraga bersama di lapangan Kodam V Brawijaya setiap minggunya,” kata Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, Minggu (1/7).
Pangdam juga mempersilakan lapangannya untuk masyarakat yang ingin berjualan. Sehingga lapangan Kodam V Brawijaya bisa digunakan sebagai tempat berkumpulnya masyarakat setiap hari minggu.
“Memang di sini (lapangan Kodam) setiap malam ada pasar malam. Tapi kalau hari minggu saya lihat di sini banyak yang olahraga dan tidak terkoordinir. Sekarang kita koordinir agar lebih ramai. Mudah-mudahan ke depan lebih bagus lagi acaranya,” harapnya.
Ke depan, sambung Pangdam, pihaknya akan memfasilitasi untuk tempat lari, skateboard dan voli. Sarana-sarana olahraga akan diperbanyak sehingga masyarakat bisa memilih olahraga bermacam-macam. “Kegiatan ini bertujuan juga untuk titik berkumpulnya masyarakat di hari minggu. Selama ini kebanyakan titik kumpulnya di depan Bungkul. Di sini bisa jadi salah satu alternatifnya,” ungkapnya.
Diakui Pangdam, acara ini sekaligus bentuk dan wujud dari kemanunggalan TNI dan rakyat. “Di sini masyarakatnya banyak selain militer. Jadi silakan memanfaatkan hari liburnya di lapangan Kodam V Brawijaya. Acara seperti ini bertujuan juga untuk mendekatkan dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Karena lapangan ini milik bersama TNI dengan rakyat, silakan digunakan untuk kegiatan positif seperti olahraga bersama maupun Car Free Day,” pungkas Mayjen TNI Arif Rahman. [bed]

Tags: