Kartu Debit GPN Membuat Transaksi Antar Bank Lebih Murah

Kota Malang, Bhirawa
Layanan perbangkan terus mengalami kemajuan dan kemudahan bagi nasabahnya. Kini transaksi antar bank menggunakan kartu debit berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) dipastikan lebih murah. Lantaran kartu berlogo khusus itu telah terintegrasi dan banyak keuntungan.
Biaya transaksi tarik tunai maupun transfer antarbank melalui GPN akan terkurangi. Selain itu, nasabah maupun merchant yang menyediakan fasilitas pembayaran non tunai pun akan lebih dimudahkan.
Karena biaya (merchant discount rate/MDR) yang biasanya dua persen sampai tiga persen, dengan adanya GPN tarif tersebut bisa turun menjadi 0,15 persen hingga satu persen termasuk biaya administrasi lebih ringan.
Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi BI Malang Rini Mustika Ningsih Ahad 22/7 kemarin, menyebut jika kartu debit berlogo GPN ini bisa digunakan di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) meski berbeda bank, dan tidak dikenai biaya tambahan.
Ia lebih lanjut menyampaikan, transaksi belanja di berbagai merchant juga akan memudahkan pihak penual dan pembeli.
Penjual tak lagi harus mengoleksi banyak mesin pembayaran dari berbagai bank yang berbeda. Cukup dengan satu mesin saja, pembayaran bisa dilakukan untuk seluruh pengguna kartu debit.
Rini lebih jauh menuturkan, efisiensi terhadap kartu debit ini tidak hanya mempermudah layanan. Melainkan juga menjamin keamanan data nasabah setiap melakikan transaksi. dan Kelebihan lain, proses transaksi terjadi langsung di dalam negeri.
BI imbuhnyanmenargetkan seluruh nasabah setidaknya memiliki satu kartu debit berlogo GPN. Ia optimis seluruh nasabah di Indonesia tahun 2022 akan memegang kartu debit berlogo Garuda tersebut. Untuk mewujudkannya, itu pihaknya memilih melakukan pekan penukaran kartu GPN pada 19 sampai 24 Agustus mendatang.
GPN telah diluncurkan BI pada Mei 2018. Salah satunya juga bertujuan untuk mendukung gerakan nasional non tunai. Kemudahan demi kemudahan ditawarkan agar masyarakat tergerak untuk bertransaksi non tunai.
Selain itu, untuk saat ini kartu debit berlogo GPN hanya bisa dimanfaatkan di dalam negeri saja. Biaya (merchant discount rate/MDR) untuk merchant semakin kecil dan nol persen. [mut]

Tags: