Kader NU Pemenang Pilkada Diminta Jaga Amanah Rakyat

Rais ‘Aam PBNU, KH Ma’ruf Amin bersama KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah) di Ponpes Tebu Ireng, Jombang, Minggu siang (01/07). [Arif Yulianto/ Bhirawa]

Jombang, Bhirawa
Kader ormas keagamaan terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) yang memenangkan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak beberapa waktu lalu diminta agar benar-benar menjaga amanah rakyat. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Rais ‘Aam Pengurus Besar (PB) NU, KH Ma’ruf Amin kepada wartawan di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng, Jombang, Minggu siang (01/06).
Menjawab pertanyaan wartawan, KH Ma’ruf Amin berpesan agar kader NU yang terpilih sebagai kepala daerah, agar tidak mengkhianati rakyat.
“Itu sih syukur saja, kita alhamdulillah kalau kader NU bisa dipercaya masyarakat, terpilih menjadi gubernur, bupati, walikota, tentu kita bangga. Setelah itu kita minta supaya kepercayaan masyarakat itu dijaga,” kata KH Ma’ruf Amin.
Seperti diketahui, pada Pemilukada serentak di sejumlah daerah di Indonesia seperti Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), oleh ‘Quick Count’, kader NU, Khofifah Indar Parawansa yang berpasangan dengan Emil Dardak dinyatakan menang atas pesaingnya, H Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno. Gus Ipul juga merupakan salah satu kader NU.
Lebih lanjut ia berpesan kepada kader-kader NU yang terpilih sebagai kepala daerah nantinya dapat bekerja dengan baik serta bisa mensejahterakan masyarakat.
“Jangan nanti, kepercayaan itu disia-siakan, kan kemarin banyak yang terkena KPK, gubernur, bupati, walikota. Nah, kader-kader NU khususnya yang telah terpilih, kami berharap supaya menjaga amanah rakyat yang sudah diberikannya,” tambahnya.
Di Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Mundjidah Wahab yang juga merupakan kader NU, oleh hitung cepat dikabarkan mengalahkan dua kontestan lainnya. Mundjidah Wahab yang berpasangan dengan Sumrambah menempati urutan pertama mengalahkan Pasangan Calon (Paslon) Nyono Suharli Wihandoko-Subaidi Muchtar dan Syafi’in-Choirul Anam. Subaidi Muchtar juga merupakan salah satu kader NU.
Dengan adanya kader NU yang menang Pemilukada serentak ini, untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2019 nanti, ia menegaskan hal itu diserahkan kepada masyarakat.
“Pilpres, kita serahkan juga kepada masyarakat. Yang milih rakyat, ‘One Man, One Vote’, pilih yang terbaik,” tuturnya.(rif)

Tags: