Kacabdindik Bojonegoro Sidak Pelaksanaan MPLS

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro Sumiarso melakukan sidak di SMA Negeri I Bojonegoro, Senin (16/7) kemarin.

Bojonegoro, Bhirawa
Hari pertama masuk sekolah menjadi perhatian banyak kalangan termasuk Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Sumiarso. Di hari pertama tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro ini melakukan sidak di SMA Negeri I Bojonegoro, Senin (16/7) kemarin.
Hal tersebut dilakukannya guna memastikan saat MPLS tidak ada tindakan perpeloncoan, bahkan pihaknya melakukan sidak ke beberapa SMA/SMK lain.
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menurut Sumiarso sangatlah penting untuk memahami lingkungan sekolah yang baru serta lingkungan sosialnya.
“Semua pelaksanaan MPLS harus sesuai dengan instruksi dari Mendikbud,” kata Sumiarso dilokasi setempat.
Setiap Kepala Sekolah, guru, maupun siswa harus saling mengenal, tentunya bentuk pengenalannya harus berkaitan dengan lingkungan sekolah. Sehingga hal dasar yang diterima siswa dapat menjadi memori keceriaan dalam pembelajaran selama tiga tahun.
“Kacabdindik sangat megapresiasi dedikasi semua pihak yang mau belajar,” imbuhnya.
Dilanjutkan, pelaksnaan MPLS ini untuk menumbuhkan karakter dan pengembangan bakat bagi masing siswa. Nantinya siswa baru juga akan diberikan materi tentang wawasan kebangsaan.
“Jadi, perpeloncoan saat MPLS ini sudah tidak berlaku, apalagi kepanitiaanya kini langsung ditangani oleh guru,” pungkas Sumiarso.
Kesempatan yang sama Kepala SMAN 1 Bojonegoro, Sri Setyowati menuturkan, MPLS dilaksanakan selama lima hari, Senin – Jumat (16-20/7).
“Sebanyak 287 siswa baru bakal mengikuti MPLS selama 5 hari ke depan,” kata Kepala SMAN 1 Bojonegoro, Sri Setyowati
Pada pelaksanaan MPLS ini, siswa baru diberikan materi terkait pengembangan keagaamaan sekaligus untuk membangun karakter akhlak siswa baru serta pengembangan bakat siswa baru, agar nantinya muncul siswa yang unggul dan berkarakter.
“Sedangkan untuk hari pertama MPLS, seluruh siswa diberikan materi tentang pengembangan potensi diri serta peminatan siswa,” imbuhnya. [bas]

Tags: