Kabupaten Bojonegoro Raih Penghargaan Hari Keluarga Ke-25

Bojonegoro, Bhirawa
Berbagai penghargaan diserahkan dalam peringatan Hari Keluarga Ke XXV yang berlangsung hari ini, Jumat (12/7) di Madiun oleh Gubernur Jawa Timur Dr Soekarwo.
Untuk Kabupaten Bojonegoro meraih beberapa kejuaraan antara lain Juara I Motivator KB Pria tingkat nasional atas nama Sertu Supandi, Juara I Lomba Karya Tulis diraih oleh MAN 1 Bojonegoro dengn judul pengaruh permainan ular tangga dan lagu terhadap pendidikan siaga kependudukan.
Selain itu Kabupaten Bojonegoro juga berhasil meraih juara II KB Lestari. Juara II UPPKS tingkat provinsi serta kampung KB terbaik harapan III. Tampak hadir dalam kesempatan ini Pj Bupati Bojonegoro doktor Suprianto SH MH dan Ibu Narty Suprianto SE.
Gubernur Jawa Timur, dr. Soekarwo dalam kesempatan itu menyampaikan, ucapan terimakasih 1,98 anak pasangan usia subur. Seorang perempuan yang bekerja maka secara otomatis membatasi jumlah anak.
“Kepada seluruh stakeholder Keluarga Berencana bisa sukses. Hal sederhana untuk mewujudkan. Keluarga bahagia adalah dengan selalu menyempatkan waktu bersama keluarga dimulai dari hal yang sederhana yakni makan bersama,” tuturya.
Penghargaan Manghala Karya Kencana diterima kan kepada Bupati Ponorogo, Bupati Blitar, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blitar dan Madiun yang diserahkan oleh Plt Kepala BKKN Pusat, Dr Sigit Priyo Hutomo.
Sementara itu Plt kepala BKKBN Sigit Priyo Hutomo menyampaikan, Dua mitra yang saling bersinergi adalah BKKBN dan PKK.
“Keduanya adalah ujung tombak menggerakkan masyarakat sukses program BKKBN mulai KB, ketahanan keluarga,” ujarnya.
Sigit mengingatkan tentang pentingnya 1000 hari kehidupan pertama kita, dan di stanting agar dibentuk kampung KB untuk mensukseskan gerakan KB di Indonesia.
Dia menuturkan bahwa Jawa Timur ini seharusnya sudah mulai merasakan dampak bonus demografi.
“Penyuluh dan Petugas KB sejak 2018 ini sudah menjadi bagian pegawai pemerintah pusat, untuk membangun program KB,” tuturnya.
Rizal Makmur dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Timur dalam laporannya menyampaikan 38 kabupaten kota yang selama ini mendukung .
Pasangan KB Lestari, BKB, BKR, PIKR, BKL, Pusyangatra, Genre dan Petugas Penyuluh KB.
“Saat ini terbentuk 724 kampung KB diseluruh wilayah Jawa Timur. Saat ini ada 10 Kampung KB yang juga tengah bersiap, dan kedepan 700 kampung KB baru akan terbentuk,” ucapnya.
Harapan pemersatu program antara BKKBN, Tim Penggerak PKK dan pemerintah untuk membangun keluarga dan generasi mendatang. [bas]

Tags: