Hanya Dua Fraksi bacakan PU LKPJ Bupati Pamekasan

Fraksi Golkar dan PPP Bacakan PU Pembahasan LKPJ Bupati Pamekasan

Pamekasan, Bhirawa
Dari 8 (delapan) Fraksi di DPRD Kabupaten Pamekasan, hanya Fraksi Golkar dan PPP (Partai Persatuan Pembangunan) yang membacakan Pemadangan Umum (PU) di pembahasan LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2017 dan 3 (tiga) Raperda, berlangsung di ruang sidang Dewan, Kamis (5/7).
Rapat dipimpin Suli Faris, dengan dihadiri 24 anggota Dewan, juga hadir Plt Sekda Pamekasan, Moh. Alwi, Forpimda, Kepala OPD, Ketua Parpol, Ketua KPU dan Panwaslu Kab. Pamekasan,.
Adapun Fraksi-fraksi yang tidak membacakan pemandangan umum (PU), antara lain; Fraksi PAN Sejahtera, Fraksi PKB, Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat dan Fraksi Partai Bulan Bintang. Fraksi -fraksi tersebut ini hanya menyerahkan berkas PU kepada pimpinan rapat.
Fraksi Golkar, melalui juru bicara Imam Syafii Yahya kepada pihak eksekutif agar realisasi PAD dari Rp 225 miliar ke 226 miliar lebih, perlu adanya evaluasi nilai jual objek pajak supaya pendapatan bisa signifikan dan memaksimalkan tingkat pengawasan mengurangi tingkat kebocoran.
“Perlu pengawasan dan pengendalian objek pajak. Termasuk retribusi jasa umum dan retribusi jasa usaha. Diperlukan intensifikasi pajak dan retribusi melalui sistem kontrol dan pengendalian”, tandasnya.
Mengenai LKPK Bupati Pamekasan TA 2017, Imam meminta agar eksekutif melaksanakan penyerapan anggaran pembangunan sesuai program yang dituangkan di APBD. “Penyerapan anggaran itu hampir Rp. 318 miliar. Masih ada program belum terlaksana. Ini perlu dievaluasi”, ucapnya.
Sementara Fraksi PPP melalui jubirnya, Iskandar, Sp.I, memita eksekutif melakukan ketepatan waktu dan percepatan penyerapan anggaran. Sedang retribusi jasa umum dan jasa usaha, perlu dibarengi dibarengi peningkatan pasilitas, seperti gedung Serba Guna.
Fraksi Golkar dan Fraksi PPP, mengenai penyertaan modal daerah ke PDAM, mereka meminta agar pemanfaat dana itu perlu mendapatkan pengawasan. PDAM mampu secara profesional dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. [din]

Tags: