Gudang Pabrik Tekstil PT Eratex Djaja di Kota Probolinggo Terbakar

Gudang textil eratek jaya Probolinggo terbakar.

Probolinggo, Bhirawa
Pabrik tekstil terbesar di Probolinggo PT. Eratex Djaja tepatnya di jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Curahgrinting, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, terbakar pada Selasa 10/7 malam. Petugas pemadam kebakaran saat ini tengah berjibaku menjinakkan si jago merah, setidaknya 3 mobil kebakaran milik pemkot Probolinggo di terjunkan. .
Kebakaran yang terjadi sejakr pukul 18.00. Saat itu, kepulan asap hitam membubung ke udara Kota Probolinggo. Tak berapa lama, kobaran api semakin membesar di kompleks perusahaan garmen ini.
“Tak tahu pasti, tiba-tiba saya sudah melihat api membesar di udara. Sebelum itu sempat ada letupan yang terdengar, setelah itu disusul kepulan asap pekat membubung tinggi,” kata Edy, pemilik depot bakso di depan pabrik itu.
Saat ini, petugas pemadam kebakaran tengah berupaya memadamkan api. Setidaknya ada 3 unit mobil milik Pemkot Probolinggo dikerahkan untuk menjinakkan api dibantu pemadam kebakaran yang lainnya. Usaha petugas mendapat kendala, sebab angin Gending bertiup kencang di kota mangga ini.
Namun hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari manajemen PT. Eratex Djaja. Begitu juga dari pihak berwajib maupun petugas damkar. Lokasi pabrik yang berada di jalan protokol membuat banyak warga yang ingin melihatnya. Sehingga akses transportasi menjadi tersendat.
Diketahui PT. Eratex Djaja merupakan pabrik garmen dengan orientasi ekspor. Pabrik yang sudah puluhan tahun berdiri ini, mempunyai ribuan karyawan. “Awalnya itu sempat ada letupan yang terdengar keras, setelah itu disusul kepulan asap pekat membubung tinggi dan muncul kobaran api,” ujar Dodik warga lainnya.
“Api sangat besar, dan angin juga begitu kencang, sehingga agak sulit dipadamkan. Apalagi, bahan yang ada digudang merupakan kain, sehingga mudah terbakar,” tutur salah seorang anggota PMK Kota Probolinggo.(Wap)

Tags: