Genre dan PIKR Peringati Harganas Ke-25 di Kabupaten Probolinggo

Puluhan insan Genre dan PIKR peringati Harganas Ke-25.

Kab.Probolinggo, Bhirawa
Puluhan Insan Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Probolinggo dan utusan dari Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) Kabupaten Probolinggo melakukan aksi turun ke jalan, Jum’at 29/6. Aksi tersebut diwarnai dengan bagi-bagi brosur dan merchandise berupa pulpen dan gelas cantik kepada para pengguna jalan yang melewati ruas jalan sisi selatan Alun-alun Kota Kraksaan.
Aksi yang melibatkan para remaja dari berbagai utusan sekolah dan duta masyarakat itu dilakukan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Probolinggo untuk memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 tahun 2018.
Beberapa brosur yang disebar adalah berasal dari DPPKB dan BKKBN tentang program-program pemerintah yang perlu diketahui oleh masyarakat luas. Diantaranya adalah tentang perencanaan dan pembinaan keluarga, balita dan anak, lansia, pengenalan alat kontrasepsi serta revolusi mental bangsa Indonesia melalui orang tua hebat dan mengenal alat reproduksi serta permasalahannya.
“Kami mengajak serta mereka, untuk sekaligus juga mensosialisasikan keberadaan mereka sebagai duta masyarakat yang juga memiliki fungsi pendidik bagi remaja lain sebaya mereka,” kata Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DPPKB kabupaten Probolinggo dr. Dyah Kuncarawati, yang juga terlibat dalam aksi, Sabtu 30/6.
Menurut Dyah, adanya kader-kader remaja binaan DPPKB ini adalah bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan kader remaja adalah salah satu strategi yang tepat sasaran. Salah satu sasaran utama program keluarga berencana adalah para remaja baik yang masih di sekolah maupun yang sudah tamat sekolah. Kader remaja akan menjadi media sosialisasi di lingkungannya.
“Kader remaja yang produktif dan aktif ini akan menjadi media efektif untuk meneruskan ilmu dan informasi dari kami. Misalnya tentang Kesehatan reproduksi dan pengenalan kontrasepsi, tentu mereka lebih enjoy jika berdiskusi dengan usia sebaya mereka,” tandasnya.
Salah satu dari 25 perwakilan remaja itu adalah duta mahasiswa Generasi Berencana (Genre) Jawa Timur tahun 2016 yang juga turut serta melakukan aksi. Ayu Fatmawati yang kini tercatat sebagai mahasiswi semester VI di Universitas Panca Marga Probolinggo itu mengaku sangat senang bisa turut membantu program pemerintah.
“Ada kebahagian tersendiri selain mendapat ilmu dan pengalaman baru, dengan merangkul semua kalangan remaja di lingkungan sekolah maupun di luar, kami bisa menemukan teman baru bersahabat dan bersatu untuk masa depan lebih baik,” ungkap alumni SMKN 1 Kraksaan ini.
Sebagai duta masyarakat Generasi Berencana, gadis penghobi traveling ini selalu menyuarakan tiga hal penting dalam setiap aksi dan kegiatannya melalui taggline mereka yaitu “salam genre”. Menurutnya remaja Indonesia zaman now itu harus bebas tiga hal yaitu seks sebelum menikah, pernikahan dini dan bebas pengaruh Narkotika, Psikotropika, Narkotika dan zat adiktif (Napza).
“Ikuti kegiatan kami atau follow akun instagram kami di @Insangenrekabprob, disitu ada beberapa galeri yang sudah mencakup kegiatan-kegiatan kami termasuk beberapa informasi penting, tentunya dengan tampilan anak hits banget,” tambahnya.(wap)

Tags: