Eksotika Bromo Digelar di Lautan Pasir

Eksotika Bromo Digelar di Lautan Pasir.

Kab Probolinggo, Bhirawa
Event Eksotika Bromo kembali digelar di lautan pasir Gunung Bromo. Event yang kali kedua digelar ini berlangsung mulai Jum’at 29/6 sampai dengan 30/6. Sebagaimana tahun lalu, pagelaran ini menarik minat penikmat dan pemerhati seni dan budaya tanah air. Bahkan pengunjung tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Salah satu sebabnya, waktu pelaksanaan hampir bersamaan dengan Yadnya Kasada.
Hampir semua tempat duduk yang disediakan panitia terisi penuh. Bahkan karpet tambahan untuk penonton yang memilih duduk lesehan juga penuh. Banyak juga yang lebih memilih untuk menyaksikan dari berbagai posisi strategis di sekitar arena pagelaran.
Pagelaran diawali dengan atraksi musik Daul Lanceng Senopati dari Pamekasan Madura yang interaktif mengajak penonton ikut bergoyang. Dilanjutkan dengan atraksi tari Topeng Dongkrek Condro Budoyo dari Madiun. Reyog Ponorogo ikut menyemarakkan suasana Lautan Pasir sore itu. Selanjutnya kesenian Topeng Hudoq Dayak dari Kalimantan Timur.
Suasana kaldera Bromo sore itu mendadak khidmat saat Prita Kartika tampil menyanyikan lagu “Tanah Air” dan mengajak seluruh penonton untuk ikut menyanyi bersama sambil bergandengan tangan. Kekuatan vokal kontenstan The Voice Indonesia tersebut sanggup menghipnotis semua pengunjung hingga terhanyut dalam tema lagu yang sangat nasionalis dan mengajak kita untuk selalu mensyukuri nikmat kekayaan alam dan seni budaya tanah air.
Udara dingin yang semakin terasa saat senja menjelang tak mengurangi minat para pengunjung untuk terus menyaksikan pagelaran hingga usai. Terlebih di bagian akhir disuguhkan sendra tari kolosal Kidung Tengger yang mengisahkan asal muasal Suku Tengger.
Pagelaran semakin istimewa dengan penampilan artis multitalenta Olivia Zalianty yang membacakan puisi Kidung Tengger. Kehadiran adik kandung artis Marcella Zalianty ini memang menjadi salah satu daya tarik Eksotika Bromo edisi 2 ini. Tak sedikit pengunjung yang mengajaknya foto bersama usai sesi wawancara dengan media.
Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo, SH, M.Hum yang hadir Jum’at 29/6 sore menyatakan bahwa Eksotika Bromo menjadi magnet bagi wisatawan nusantara dan mancanegara sehingga kunjungan ke Gunung Bromo semakin meningkat. Pj. Bupati R. Tjahjo Widodo berharap ada pendampingan kepada masyarakat Sukapura khususnya Tengger tentang manajemen event agar semakin menarik. Disamping itu juga perlu ditingkatkan pembinaan bagi penyaji kesenian.
Secara umum kehadiran Eksotika Bromo di lautan pasir Gunung Bromo yang bersamaan dengan Yadnya Kasada itu terbilang sukses. Setidaknya Eksotika Bromo semakin memperkaya khazanah seni budaya Kabupaten Probolinggo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Yang jelas, semakin banyak suguhan atraksi seni budaya yang bisa disuguhkan pada wisatawan yang datang ke ke Gunung Bromo, tambahnya.(Wap)

Tags: