Dua Legislator Pertaruhkan Kursinya di DPRD Batu Dengan Berpindah Partai

Karena ingin kembali menikmati kursi Legislatif, dua politikus bermanuver politik dengan berpindah partai di Pileg 2019

Kota Batu, Bhirawa
Banyak cara yang dilakukan politikus legislatif untuk mempertahankan agar dirinya tetap menjadi anggota Dewan. Tak terkecuali ketika mereka terpaksa harus bermanuver politik. Dua anggota DPRD Batu dari Partai Amanat Nasional (PAN) berpindah partai meski statusnya kini masih sebagai anggota Fraksi PAN.
Dua politikus yang bermanuver politik itu Suwandi dan Hasmono. Dua nggota Fraksi PAN ini telah hijrah ke partai lain sehingga fraksi ini menyisakan 1 orang Ketua Fraksi, Aulia Nur Shanti. Diketahui saat pendaftaran bacaleg 2019, Suwandi hijrah ke Partai Demokrat dengan tetap mencalonkan diri menjadi caleg DPRD Kota Batu.
Suwandi ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Saat ditanya alasannya kenapa pindah menjadi caleg partai lain, ia mengatakan melakukan hal itu karena terpaksa. “Lha di PAN sudah penuh calegnya,”kata Suwandi, Kamis (19/7).
Sebenarnya, lanjut Suwandi, drinya sudah tidak berniat mencalonkan diri lagi sebagai caleg. Namun beberapa hari menjelang pendaftaran ditutup, Suwandi dipinang oleh Partai Demokrat Batu.
Setelah beberapa kali komunikasi, akhirnya Suwandi pun bersedia mencalonkan diri di Partai Demokrat. Ketika ditanya apakah siap menerima sanksi partai akibat hijrahnya ini. “Saya ikut saja yang penting nyaman, “jawabnya singkat.
Berbeda dengan Suwandi, Hasmono pindah ke Partai Golkar karena dirinya ingin mendaftarkan diri sebagai caleg di DPRD Provinsi Jatim. Hasmono menjelaskan bahwa dirinya bersama Suwandi memberikan kesempatan kepada kader-kader PAN untuk mencalonkan diri sebagai caleg.
“Hal itu sudah biasa di politik dan kita harus legowo. PAN itu sangat baik sekali kami pun bangga sudah diberi kesempatan untuk membesarkan PAN, mudah-mudahan PAN semakin jaya, Amiin,” kata Hasmono.
Sementara, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Batu, Aulia Nur Shanti mengatakan hingga kini dirinya belum mendapatkan info pasti terkait kepindahan dua anggota DPRD dari PAN ke partai lain.
“Kalau memang beliau-beliau (Suwandi dan Hasmono) benar pindah ke partai lain saya berharap segera konfirmasi ke partai PAN dan segera melayangkan surat pengunduran diri,” tegas Aulia. Karena sampai saat tidak ada surat pengunduran diri dari keduanya.
Terpisah, DPD PAN Kota Batu saat ini langsung menyiapkan Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk kedua anggota dewan yang mendaftar sebagai caleg partai lain. Saat ini pengurus DPD sedang melakukan langkah-langkah koordinasi untuk memberikan keputusan kepada Hasmono dan Suwandi.
“Langkah tersebut yang paling mungkin dilakukan adalah melakukan PAW sesuai instruksi ketua DPD (H Rudi-red), untuk mekanismenya sedang akan kita rapatkan,” ujar Sekretaris DPD PAN,H.Hertian Is,ST.(nas)

Tags: