Dua Hiu Tutul Jadi Tontonan Warga Kebomas Kabupaten Gresik

Gresik, Bhirawa
Nelayan Desa Sukorejo, Kec Kebomas, digegerkan dengan temuan dua hiu tutul jantan, dan betina yang memiliki panjang enam meter. Keduanya dalam kondisi mati pada saat di tarik ke tepi pantai.
Penemuan hiu tutul bukan hal baru bagi nelayan Gresik, sebab tahun lalu nelayan Kel Lumpur. Juga pernah menemukan hiu tutul dengan panjang enam meter dan menjadi tontonan warga dan selfi.
Menurut Sumantri (40), warga setempat, kedua hiu itu ditemukan mengambang di tengah tepatnya di Perairan Armada Timur (Armatim) Surabaya. Kondisinya sudah tidak bernyawa, kemudian di tarik ke tepi dengan mengunakan perahunya. Bersama beberapa nelayan lainnya, dengan cara berbagi di beberapa sisi. Sebab panjang hiu mencapai 6 meter, jadi harus ekstra hati-hati.
”Saya dengan beberapa nelayan awalnya kaget melihat, kemudian memberanikan diri mendekat. Ternyata ikan hiu sudah mati, kemudian bersama kawan lain, sembilan perahu di bagi dari berbagai sisi. Agar ikan bisa ditarik, selain itu juga jaga keamanan agar perahu tidak ada masalah,” ujarnya.
Pada saat menarik ikan hiu, kawan-kawan memilih saya menjadi komando. Itu dilakukan, supaya gerak kita bisa bersama. Laju perahu serta ikan hiu bisa satu arah dengan tujuan ke tepi, dengan pelan-pelan ditarik bersama. Meski Dengan waktu yang cukup lama, karena gelombang dan arus akhirnya bisa di bawa perkampungan nelayan Desa Sukorejo.
Ditambahkan Sumantri, rencananya dua hiu tutul yang ditemukan itu besok pagi akan dikembalikan ke tempat semula. Yang sekarang dua hiu tutul itu menjadi tontonan warga. Ada juga warga menempatkan kotak amal jariyah yang ditempatkan di pintu masuk, yang hasil sumbangan itu dipergunakan untuk membangun masjid. [kim]

Tags: