Dongkrak PAD, Dishub Kabupaten Gresik Tertibkan Parkir Liar

Petugas Dishub saat lakukan penertiban tempar parkir liar. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Agar tak semakin meresahkan para pegendara, baik mobil atau sepeda motor, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik tertibkan parkir liar di sejumlah lokasi. Sebab, keberadaan parkir liar itu telah meresahkan para pengguna tempat parkir.
Diantara lokasi tempat parkir yang ditertibkan petugas Dishub itu seperti di kawasan pasar tradisional di Jl Gubernur Suryo dan Samanhudi Gresik. ”Kami tertibkan parkir liar yang ada di tepi jalan umum agar tak menganggu ketertiban umum,” tutur Sekretaris Dishub, Agustin H Sinaga, Selasa (24/7) kemarin.
Menurut Sinaga, biasa Sekretaris Dishub ini akrab dipanggil, penertiban parkir liar itu dilakukan dalam rangka menegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2011 tentang retribusi jasa umum (parkir tepi jalan) dan Perda Nomor 6 Tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha (parkir khusus). ”Dan penertiban ini akan kami lakukan terus dengan lokasi berbeda,” tegas mantan Kabid Pendataan pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan dan Aset Daerah (DPPKAD) ini.
Ditambahkan Sinaga, penertiban parkir liar sengaja dilakukan karena banyak yang memanfaatkan areal parkir tepi jalan umum tanpa izin. Selain itu, banyak juga jukir yang bertugas menjaga areal-areal parkir di tempat parkir khusus (pajak parkir) seperti di mini market, dan perbelanjaan juga menarik parkir di tepi jalan umum. Padahal, parkir tepi jalan umum sifatnya retribusi dan menjadi wewenang Dishub.
Sinaga bahkan kerap menemukan Jukir menggunakan karcis tak sesuai dengan areal parkir yang dikelolanya. Fakta ini menyebabkan pendapatan retribusi parkir di tepi jalan umum yang menjadi wewenang Dishub hilang. ”Maka agar retrebusi parkir bisa meningkat, kami akan terus melakukan razia ke sejumlah titik yang kerap dijadikan lahan parkir liar,” tandasnya. [eri]

Tags: