Dongeng Masuk Sekolah, Berharap Terus Dibudayakan

Siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya antusias mendengarka cerita dongeng yang dibawakan kampung dongeng, kemarin (27/7).

Surabaya, Bhirawa
Cerita dongeng masih menjadi primadona dalam dunia imajinasi anak-anak. Namun sayangnya, di era digitalisasi ini orang tua enggan mengenalkan cerita dongeng kepada anak-anak mereka.
Di sisi lain, dongeng disebut mampu membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang. Oleh karenanya, untuk mengembalikan dunia imajinasi anak-anak, SD Muhammadiyah 15 Surabaya mengadakan dongeng bersama kampung dongeng kemarin (27/7).
Terlihat para siswa antusias menyambut para pendongeng dengan berbagai pakaian tematik. Diungkapkan Waka SD Muhammadiyah 15 Surabaya, Ali Shodikin jika kegiatan dongeng yang menyasar sekolah dasar ini merupakan bentuk membangkitkan dunia imajinasi anak-anak. Selain itu, penggunaan pakaian tematik sendiri untuk memperingati hari Inspirasi yang diperingati setiap hari kamis dilingkungan SD Muhammadiyah 15.
“Anak-anak menggunakan pakaian tematik hari ini untuk memperingati hari inspirasi, yang kami adakan setiap hari kamis. Kebetulan hari inspirasi yang kami adakan selama dua tahun ini bertepatan dengan datangnya kakak-kakak pendongeng ke sekolah kami” ujar dia
Terlebih lagi, lanjut dia, pihaknya mendukung penuh upaya membangkitkan kembali dunia perdongengan bagi anak-anak. Di samping karena cerita yang di angkat selalu menyenangkan dan heroik, dongeng kerap kali dianggap sebagai bentuk motivasi untuk membentuk karakter para siswa.
“Kegiatan ini sangat luar biasa untuk anak-anak. Sekolah kami sendiripun sebenarnya ada kegiatan semacam ini untuk materi literasi. Itupun yang melakukan anak-anak sendiri. saya berharap ini bisa membangkitkan semangat orang tua untuk mendongeng kepada anak-anak” tutur dia. Siswa kelas 1, Nazara Nurkamila meceritakan jika ia sangat senang mendengar cerita dongeng yang disampaikan para pendongeng. “Aku senang dengerin dongeng kak Dina karena lucu. Suara boneknya juga lucu” katanya usai mendengarkan dongeng di halaman SD Muhammadiyah 15 ini. [ina]

Tags: