Ditemukan Ribuan Penerima KIS Warga Mampu

Wali Kota Pasuruan, H Setiyono saat bersalaman ASN Pemkot Pasuruan. [Hilmi Husain]

Pasuruan, Bhirawa
Pemkot Pasuruan terus melakukan verifikasi ulang terhadap KIS (Kartu Indonesia Sehat) yang di bagikan ke warga miskin di Kota Pasuruan. Verifikasi dilakukan, supaya KIS bisa tepat sasaran.
“KIS yang kami bagikan sebanyak 6.866 kartu pada tahun ini, dari total usulan mencapai 12.693 kartu. Jadi sekitar 5.000 kartu yang belum terbit, karena kami verifikasi. Hal itu tak lain agar KIS tepat sasaran,” ujar Wali Kota Pasuruan, H Setiyono, Selasa (31/7).
Selain itu, verifikasi KIS sebagai upaya pencegahan dini lantaran ditemukan ribuan penerima KIS pada tahun-tahun sebelumnya yang status sosialnya sudah meningkat. “Berdasarkan data dari BPJS, sekitar 1.000 sampai 1.500 warga status sosialnya sudah naik. Jangan sampai ada warga yang miskin ternyata tidak terdaftar sebagai peserta penerima KIS. Justru sebaliknya, malah orang yang mampu yang mendapat KIS, ini yang harus kami kembalikan seperti semula,” papar Setiyono.
Kepala Dinas Kesehatan, Bambang Pramono menambahkan pembagian KIS diberikan kepada seluruh Lurah serta selanjutnya disebar ke semua penerima melalui masing-masing RT dan RW. Terinci, dari 6.866 kartu, terbagi 1.103 penerima dari Kecamatan Bugul Kidul, 1.427 penerima dari Kecamatan Gadingrejo, 2.563 penerima dari Kecamatan Panggungrejo dan 1.776 dari Purworejo.
“Harapan kami agar KIS secepatnya sampai ditangan penerima. Tujuannya supaya cepat dimanfaatkan. Bagi yang masih terverifikasi supaya bersabar,” kata Bambang Pramono. [hil]

Tags: