Dinas Perdagangan Kota Malang Tertibkan PKL Pasar Kebalen

Kepala Dinas Perdagangan Wahyu Setianto memimpin langsung penertiban PKL Pasar Kebalen

Kota Malang, Bhirawa
Dinas Perdagangan Kota Malang, melakukan penertiban terhadap para pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Kebalen Kota setempat, Selasa 10/7 kemarin.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto, kepada sejumlah wartawan mengutarakan, penertiban ini dilakukan setelah sebelumnya pihaknya Dinas Perdagangan memberikan peringatan agar PKL Tidak melakukan kegiaatan di jalan Zaenal Zakse pada siang hari.
Kawasan jalan Zaenal Zakse menurut dia, merupakan luberan dari Pasar Kebalen. Mereka telah diberi teloransi untuk berjualan sampai jam 06.00 WIB, tetapi mereka tetap berjualan sampai siang hari.
“Kami sudah memberikan teloransi, tetapi para PKL masih membandel, makanya kita tertibkan. Karena Jalan Zaenal Zakse merupakan jalur yang menghubungkan Kota Malang dengan kawasan Kedungkandang,”tukasnya.
Ia menjelaskan upaya penertiban itu akan terus dilakukan. Sebab jika dibiarkan maka akan terjadi kemacetan. Apalagi Kawasan Jalan Zaenal Zakse selalu padat kendaraan. Makanya tidak boleh PKL berjulan memakan badan jalan.
Sebelumnya menurut Wahyu Setianto, pihaknya juga sudah melakukan penertiban di tempat lain. Utamanya setelah momentum lebaran dan Pilkada Kota Malang.
Selama momentum lebaran, urai Wahyu pihaknya sudah memberikan teloransi, kepada para pedagang. Karena itu para PKL yang berjualan ditempat terlarang harus segera pindah.
”Kami tidak akan memberi teloransi lagi, semua yang melangar akan kami tertibakan. Utamanya kewenangan Dinas Perdagangan yakni PKL disekitar Pasar,”imbuhnya.
Para PKL ini, imbuhnya selain mengganggu lalulintas, keberadaanya kerap sekali dikeluhkan oleh pedagang resmi. Makanya dia berkewajiban untuk menertibkan PKL itu.
“Sesuai dengan keweangan yang kami miliki, PKL yang kami tertibkan adalah PKL yang berada disekitar pasar saja. Kalau diluar Itu yang berhak menertibkan adalah Satpol PP,”pungkasnya. [mut].

Tags: