Dewan Minta Pemerintah Pikirkan Nasib Pedagang Asongan Pasca Pembangunan Jalan Tol

DPRD Jatim, Bhirawa
Dibangunnya sejumlah ruas jalan tol di beberapa wilayah di Jatim ternyata membawa dampak negatif bagi pedagang asongan di pinggir jalan. Mengingat penjual asongan yang berjualan di tepi jalan kini sepi pembeli dan terancam bangkrut.
Anggota Komisi D DPRD Jatim Achmad Heri menegaskan jika banyak dari penjual asongan yang berkeluh kesah padanya terkait sepinya pembeli pasca dibangunnya sejumlah ruas tol. Padahal mereka ini menjadi tulang punggung keluarga. Kalau ini dibiarkan akan semakin banyak jumlah keluarga miskin.
“Karenanya pemerintah harus memikirkan nasib mereka. Jika tidak segera tertangani maka akan semakin banyak pengangguran. Dan juga jumlah angka kemiskinan akan naik,”tegas politikus asal NasDem, Rabu (11/7).
Hal senada juga diungkapkan Ketua Komisi EDPRD Jatim Hartoyo. Menurutnya pemerintah tidak seharusnya hanya memikirkan membangun jalan tol. Tapi bagaimana memberikan solusi bagi para penjual asongan.
“Sudah seharusnya pemerintah tidak hanya memikirkan pembangunannya saja, tapi dampak dari hasil pembangunan itu. Dengan begitu ada semacam alternatif pekerjaan misalnya mereka ditampung untuk berjualan di rest area,”tegasnya. [cty]

Tags: