Danrem 084 BJ Pastikan Kesiapan Pengamanan Kunjungan Wapres

Danrem 084 BJ Kolonel Kav M Zulkifli mengecek kesiapan personel pengamanan VVIP kunjungan Wapres RI Jusuf Kalla di Surabaya di lapangan apel Kodam V Brawijaya, Rabu (11/7). [abednego/bhirawa]

Surabaya, Bhirawa
Kunjungan Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla di Surabaya dipastikan mendapat pengamanan ketat dari Korem 084 Bhaskara Jaya (BJ) beserta instansi lain. Hal ini disampaikan Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Kav M Zulkifli yang melakukan apel kesiapan pasukan guna pengamanan VVIP kunjungan Wapres RI pada peresmian salah satu Rumah Sakit Islam (RSI) di Surabaya, Rabu (11/7).
Pada apel yang dilaksanakan di Lapangan Makodam V Brawijaya, di antaranya dihadiri oleh Komandan Satuan (Dansat) jajaran Korem 084 Bhaskara Jaya. Kemudian dihadiri Dandenintel V Brawijaya Letkol Inf Imam Wibowo, Kasintel Korem 084 Bhaskara Jaya Letkol Inf A Irianto dan Kasiops Korem 084 Bhaskara Jaya Mayor Inf Suroto.
“Sebanyak seribu lebih personel di antaranya dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Polisi, Satpol PP dan lainnya kita libatkan dalam pengamanan kunjungan Wapres RI. Insya Allah kegiatan berjalan aman dan lancar,” kata Kolonel Kav M Zulkifli usai apel kesiapan pasukan di lapangan Makodam V Brawijaya, Rabu (11/7).
Apel kesiapan pasukan ini, lanjut Danrem, dilaksanakan sesuai dengan protap yang sudah berlaku. Dimulai dari rakor (rapat koordinasi) yang sudah dilakasanakan sebelumnya, sampai pada apel pengecekan dan kesiapan pasukan. Pihaknya pun menyatakan seluruh pasukan pengamanan Wapres RI ini siap menjalankan tugas.
“Insya Allah besok (Kamis hari ini, red) Pak Wapres akan hadir di sini. Dan kita pastikan seluruh pasukan pengamanan sudah siap mengamankan kunjungan Wapres RI,” tegasnya.
Ditanya terkait pola keamanan yang diterapkan, Danrem mengaku tidak ada pengamanan yang khusus. Hanya saja dalam pengamanan ini dibagi menjadi tiga ring. Di setiap ring ini akan ada personel yang siap menjaga keamanan dan kelanc aran kunjungan Wapres RI dalam peresmian Rumah Sakit Islam di Surabaya.
“Sesuai protapnya, nantinya ada tiga ring, yakni ring 1, ring 2 dan ring 3. Itu protap yang kita laksanakan, dan ada pembagian tugas-tugas,” jelasnya.
Danrem menambahkan, pihaknya juga melibatkan dari unsur PT KAI dan PLN. Dengan harapan kunjungan Wapres RI ini bisa berjalan dengan lancar dan aman. Untuk itulah pihaknya akan menjalankan tugas dengan baik dalam pengamanan ini.
“Pihak-pihak yang berkompeten dalam pengamanan ini kita libatkan, termasuk PT KAI dan PLN. Harapannya agar lancar dan aman, sehingga Pak Wapres bisa menjalankan tugas negara dengan baik. Itu sudah menjadi tugas kita untuk menyukseskannya,” pungkasnya. [bed]

Tags: